Iklan

Iklan

,

Iklan

A D V E R T I S E M E N T

Komisioner Bawaslu Tana Toraja Resmi Dilantik, Pentolan KPU Elis Bua Mangesa Jabat Ketua

Ricdwan Abbas
20 Agu 2023, 16:32 WITA Last Updated 2023-08-20T09:11:21Z
A D V E R T I S E M E N T

Pelantikan Anggota Bawaslu di Jakarta. (Bawaslu)

Infokitasulsel.com, Tana Toraja - Komisioner Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Tana Toraja periode 2023-2028 resmi dilantik.


Pelantikan dan pengambilan sumpah berlangsung di Jakarta pada Sabtu 19 Agustus 2023 bersamaan dengan 1.909 anggota komisioner Bawaslu lainnya dari 514 Kabupaten/Kota.


Ialah Elis Bua Mangesa sebagai Ketua Bawaslu tana Toraja, dan dua anggotanya Theofilus Lias Limongan dan Widiyatmo.


Elis merupakan jebolan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tana Toraja. Dua periode atau 10 tahun sebagai penyelenggara pemilu dia memutuskan mendaftar sebagai calon anggota bawaslu. 


"Semoga yang terlantik menjaga seluruh proses demokrasi yang telah dijalankan periode sebelumnya," kata Ketua Bawaslu RI, Rahmat Bagja saat melantik para pengawas Pemilu itu.


Di hadapan ribuan komisioner Bawaslu, Bagja mengatakan Pemilu 2024 berbeda dengan pemilu sebelumnya. Sebab, pemilihan dilakukan serentak.


Karena itu, dia meminta 1.912 Anggota Bawaslu Kabupaten/Kota menjaga komunikasi dengan semua pihak utamanya penyelenggara pemilu.


"Dasar musyawarah mufakat lebih didahulukan daripada pendapat atau voting. Ini yang kami harapkan dalam periode kali ini," ujarnya.


Dia juga berterima kasih kepada Anggota Bawaslu periode 2018-2023 yang telah usai melaksanakan tugas dan fungsinya.


"Tidak ada perkataan yang bisa disampaikan kepada mereka yang telah mendampingi Bawaslu 2018-2023 selain kata terima kasih. Semoga Tuhan menghitung amal jariyah bapak ibu dalam menjaga dan mengawal pemilu dan demokrasi di Indonesia," ungkapnya.


Pelantikan dan pengambilan sumpah janji komisioner Bawaslu Kabupaten/Kota 2023-2028 disaksikan tiga Anggota Bawaslu, Sekjen Bawaslu Ichsan Fuady, Herwyn JH Malonda, dan Totok Hariyono.


Juga disaksikan Ketua dan Anggota KPU, Hasyim Asy'ari, Mochammad Afifuddin, Betty Epsilon Idroos, Anggota DKPP Ratna Dewi Pettalolo.

Iklan

               
         
close