Iklan

Iklan

,

Iklan

A D V E R T I S E M E N T

BREAKING NEWS : Bertambah Lagi 2 Kasus Positif Covid-19 Tana Toraja

Redaksi
30 Jun 2020, 16:09 WITA Last Updated 2020-07-04T02:34:43Z
A D V E R T I S E M E N T
Satgas Media Center Covid-19 Tana Toraja
Infokitasulsel.com, Tana Toraja - Media Center Satgas Covid-19 Tana Toraja kembali mengumumkan dua kasus baru terkonfirmasi positif Covid-19 di wilayah Kabupaten Tana Toraja, Selasa 30 Juni 2020.

Dua Kasus terkonfirmasi positif Covid-19 ini diumumkan langsung oleh Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kabupaten Tana Toraja Mariany Sampe, didampingi Tim Dokter Satgas Covid-19 Tana Toraja dr. Mardaria Patioran dan Koordinator Pemberitaan Media Center Satgas Covid-19 Tana Toraja, Daniel Galenta.

Dua kasus baru (kasus 09 dan 10) terkonfirmasi positif Covid-19 berdasarkan hasil pemeriksaan dengan metode Tes Cepat Molekuler (TCM) sebagi berikut :

1. Kasus 09 adalah laki-laki, beralamat di Kelurahan Bombongan Makale, berumur 43 tahun, dengan riwayat perjalanan tiba dari Kendari 20 Maret 2020 dengan tujuan acara keluarga. Pasien terdeteksi saat hendak melakukan rapid test mandiri di RSUD Lakipadada untuk kepentingan kembali ke Kendari, hasil rapid test dinyatakan reaktif lalu dilanjutkan dengan pemeriksaan Swab dengan metode TCM dan dinyatakan positif Covid-19.

2. Kasus 10 adalah laki-laki, beralamat di Kompleks Nusa Hijau, Kelurahan Citeureup, Kecamatan Cimahi Utara Kota Cimahi Provinsi Jawa Barat, berumur 58 tahun, dengan riwayat perjalanan berangkat dari Bandung dan tiba di Tana Toraja tanggal 19 Juni untuk tujuan bekerja sebagai karyawan perusahaan di Makale Selatan.

Tanggal 26 Juni 2020 memeriksakan kesehatan ke klinik dan memiliki gejala terpapar Covid-19 seperti batuk, demam, lemas, sakit seluruh badan dan gangguan indera penciuman. Pasien lalu dirujuk ke RSUD Lakipadada untuk pemeriksaan TCM dan dinyatakan positif Covid-19.

“Rencana kedua pasien akan dirujuk ke Makassar untuk mengikuti Program Rekreasi Duta Covid-19 Satgas Provinsi Sulawesi Selatan,” ungkap Mariany Sampe.

Dengan diumumkannya 2 kasus baru terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Tana Toraja, Satgas Covid-19 Tana Toraja telah mencatat sudah 10 kasus terkonfirmasi positif dimana 6 pasien diantaranya telah dinyatakan sembuh. Satu pasien dirujuk ke Makassar dan satu kasus dinyatakan meninggal dunia.

Satgas Covid-19 Tana Toraja sedang melakukan langkah-langkah memutus mata rantai penyebaran Virus Corona di lingkungan masyarakat. Langkah-langkah yang dilakukan adalah dengan melakukan Tracing terhadap riwayat kontak pasien positif tersebut dengan melibatkan Tim Surveilans.

Tracing ini dilakukan sebagai upaya meminimalisir penyebaran Virus Corona dari pasien positif di lingkungan masyarakat.

Media Center Satgas Covid-19 Tana Toraja menghimbau masyarakat untuk memperhatikan protokol kesehatan perseorangan yaitu rajin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, saat keluar rumah menggunakan masker dan tetap menjaga jarak minimal 1,5 meter dengan orang lain. Selalu menjaga kebersihan badan dan menjaga daya tahan tubuh.

*Media Center Satgas Covid-19 Kabupaten Tana Toraja

Iklan

               
         
close