Iklan

Iklan

,

Iklan

Albertus Patarru Beri Solusi Kesehatan Berbasis Data Di Tana Toraja

Redaksi
5 Okt 2020, 15:54 WITA Last Updated 2020-10-05T09:30:55Z
Ist

Infokitasulsel.com, Tana Toraja — Albertus Patarru menilai layanan kesehatan di Tana Toraja masih jauh dari standar Maju. "Pelayanan kesehatan masih sangat jauh dari kemajuan, sehjngga dibutuhkan peningkatan," Ujar Al, Sabtu 3 Oktober 2020.


Hal itu ia sampaikan saat bersosialisasi bersama masyarakat di Kecamatan Gandang batu silaan, Lembang Kaduaja, Tana Toraja.


"Kami akan menggandeng seluruh pelayan media kesehatan untuk menyelesaikan persoalan di sektor kesehatan," lanjut Calon Bupati No 3 ini.

Salah satu masalah yang sering muncul di sektor kesehatan adalah pendataan masyarakat beserta kluster penyakitnya, dari tingkat ringan hingga kategori parah.


“Jika hal tersebut bisa dikuasai datanya, gerak penanganan kesehatan masyarakat jadi terukur, dari segi infrastruktur hingga anggaran,” kata Albertus Patarru.


Sementara itu, peran Puskesmas sangat dibutuhkan. Puskesmas untuk peningkatan derajat kesehatan masyarakat berbasis ilmu keperawatan dan kesehatan masyarakat.


Ranah kerjanya berkesinambungan yang ditujukan kepada individu, keluarga, kelompok dan masyarakat untuk ikut meningkatkan fungsi kehidupan manusia secara optimal sehingga mandiri dalam upaya kesehatannya.


Perkesmas lakukan perlu didorong lebih jauh oleh pemerintah daerah agar penyelesaian persoalan kesehatan tepat sasaran.


“Pendataan yang ada di kecamatan, bagaimana perkembangan kondisi masyarakatnya, kluster penyakit. Tana Toraja bisa lebih maju, bisa lebih sehat jika data kita kesehatan yang benar,” tutur Albert.

Iklan