-->

Iklan Semua Halaman

Mau bisnis anda makin dikenal? - Pasang iklan disini, murah tanpa ribet - Pesan Ojek dan Makanan di Toraja Pakai Aplikasi TORAJEK - Yuk Pasang iklan disini Sekarang Juga!

Iklan

JRM Menginisiatif dan Mengajak Tim The-Za Bersihkan Sampah di Kota Makale

Redaksi
Selasa, 05 Januari 2021

Ist

Infokitasulsel.com, Tana Toraja - Memasuki awal tahun baru, sampah yang berserakan dibeberapa titik di kota makale nampak sangat menggangu penglihatan dan penciuman bagi masyarakat yang melintas.

Dari pantauan media sampah tersebut merupakan sampah yang dari bulan 12 lalu tidak pernah diangkat hingga menumpuk.

Jhon Rende Mangontan, Anggota DPRD Sulsel pun melakukan bakti sosial dengan menurunkan beberapa alat berat dan truk untuk mengangkat sampah yang Menumpuk dan berserakan di kota makale.


Kepada Infokitasulsel.com, JRM sapaan akrabnya juga mengajak kepada masyarakat untuk memulai menjaga kebersihan dari rumah.

"Harapan kita kedepan seharusnya manajemen pengelolaan sampah mulai dari rumah atau sumbernya sudah harus diberikan kesadaran kepada masyarakat Untuk memisahkan mana sampah-sampah organik untuk diambil setiap hari Senin dan jumat, sampah non organik setiap hari kamis (kertas, plastik, kaleng2 minuman, botol bir dan sampah berat dua minggu sekali (kulkas, tv, mobil, mesin cuci)" Tuturnya.

JRM berharap untuk sampah yang masih bisa di daur ulang agar dipisahkan dengan sampah yang tidak dapat di daur ulang lagi.

"Sampah-sampah berat disetor pada satu tempat penampungan, jika barang-barang elektronik itu belum parah rusaknya kabel listriknya jangan di potong untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat yang pengen ambil secara gratis dan memperbaikinya.

Jika warna tvnya sudah buruk potong saja kabelnya tandanya bahwa barang tsb sdh rusak. Tempat penampungan/pembuangan sampah-sampah berat tersebut kalau bisa diatapi supaya barang-barang yang masih bisa dipakai tidak kehujanan.

TV yang masih bagus, remotenya bungkus dgn plastik supaya tetap baik. Bisa saja ada masyarakat yang mau mengganti TV miliknya yang 17" dan ganti yg lebih besar 32"." Ungkap JRM.

Ia juga mengajak pemda agar memperhatikan tempat untuk sampah-sampah seperti besi tua mobil, agar jika ada yang ingin mengambil part yang masih bisa digunakan dapat dimanfaatkan.


"Begitupun mobil tua, silakan masyarakat jika mau ambil spionnya atau stirnya kali bisa dipakai,

(setelah dua minggu, sampah- sampah berat tersebut baru dibawah ke tempat pengolahan sampah akhir atau daur ulang). Upayakan Pemda punya mobil pengepres sampah-sampah berat tersebut supaya mudah angkutnya." Tambahnya.

JRM berharap agar dinas kebersihan dan tata ruang serta tim PKK untuk bekerja maksimal dalam menjaga kebersihan kota makale.

"Harapan saya agar dinas kebersihan dan dinas tata ruang serta team penggerak PKK Untuk memberikan rangsangan kepada setiap lingkungan untuk menjaga kebersihan dan menanam bunga di pekarangannya Yg akan di nilai setiap bulan Agustus dan diberi biaya pembinaan dari pemerintah dan piala bergilir bisa jg dari ibu penggerak PKK prov diajak berpartisipasi.

Serta buatkan peraturan yang tegas bagi yang melanggarnya, Semoga...!!!"tutup JRM.

Sumber Berita Terpercaya | Informasi Update Setiap Hari | Terbuka Peluang Usaha Bagi Anda Yang Ingin Menjadi Penulis Berita/Kontributor Daerah Silahkan Cek di Akhir Halaman