-->

Iklan Semua Halaman

Mau bisnis anda makin dikenal? - Pasang iklan disini, murah tanpa ribet - Pesan Ojek dan Makanan di Toraja Pakai Aplikasi TORAJEK - Yuk Pasang iklan disini Sekarang Juga!

Iklan

Usai Tinjau Giat Jumat Bersih, Ibu PKK Yariana Kunjungi UMKM Kerajinan Batik di Sillanan

Redaksi
Jumat, 05 Maret 2021

Ist
Infokitasulsel.com, Tana Toraja - Selepas melakukan peninjauan kegiatan Jumat Bersih dibeberapa kecamatan, Istri Bupati Tana Toraja Yariana Somalinggi yang juga sekaligus ketua Dekranasda Kabupaten Tana Toraja menyempatkan mengunjungi salah satu UMKM Industri Batik Tulis dan Batik Colet di Lembang Pemanukan Kecamatan Gandang Batu Sillanan, Jumat 5 Maret 2021.

Didampingi oleh Fasilitator Rumah BUMN Telkom Tana Toraja yang juga penggiat dan pemerhati UMKM Tana Toraja, Ibu Bupati melihat langsung hasil karya dari Pak Yarden berupa kain batik tulis dan colet.

Dengan ruang produksi yang masih sangat sederhana Pak Yarden mampu membuat karya batik yang luar biasa indah dengan nuansa Toraja yang dituangkan didalam kain batik. Sehingga karya-karya batiknya kini banyak dikenal sampai ke mancanegara. 



"Saya membuat batik ini dengan dengan proses yang masih sangat sederhana, pewarna yang saya gunakan juga masih didatangkan dari luar, namun saya berupaya untuk membuat karya-karya yang imajiner ini sesuai dengan keinganan pelanggan," ungkap Yarden.

Dengan bekerjasama dengan beberapa Pencinta Kain Etnik di Tana Toraja, Pak Yarden dengan mudah  memasarkan hasil karyanya dan didukung dengan teknologi digital Pak Yarden dapat mepromosikan karyanya. Sehingga saat ini hasil karya Pak Yarden telah dipasarkan ke berbagai kota bahkan ke Manca Negara dan telah banyak digunakan oleh para desainer ternama Tana Air.

"Industri seperti perlu didampingi dan difasilitasi, pihak Dekranasda akan berupaya untuk membuka ruang bagi UMKM yang ingin memajukan usahanya di industri kerajinan seperti ini, sekaligus juga industri seperti ini bisa menjadi media edukasi bagi generasi muda milenial untuk belajar membatik dengan motif sesuai imajinasinya," ungkap Ibu Yariana.

"Hal itu juga dapat menumbuhkan wirausaha baru dibidang fashion khusunya kain batik sehingga para generasi muda milenial dapat benar-benar mampu untuk melestarikan budaya kita disamping itu dapat menjadi sumber penghasilan yang luar biasa." Lanjut Yariana.

Batik Toraja merupakan salah satu batik tertua didunia, yang dahulunya dikenal dengan kain Sarita dan Maa’ dengan motif yang penuh dengan nuansa etnik dan mistis.

Namun seiring dengan perkembangan zaman motif-motif di kain batik Toraja ini sudah dimodifikasi sedemikian rupa oleh para seniman-seniman Toraja, salah satunya adalah Pak Yarden sehingga batik Toraja saat ini semakin lebih Indah dan dapat dengan mudah diproduksi menjadi produk fashion lainnya.

Dengan tersedianya produk-produk khas Toraja seperti maka akan menjadi salah satu penunjang bagi perkembangan pariwisata Toraja. Sehingga para wisatawan yang berkunjung ke Tana Toraja dapat memperoleh oleh-oleh dari Toraja dengan mudah.

Sumber Berita Terpercaya | Informasi Update Setiap Hari | Terbuka Peluang Usaha Bagi Anda Yang Ingin Menjadi Penulis Berita/Kontributor Daerah Silahkan Cek di Akhir Halaman