-->

Iklan Semua Halaman

Mau bisnis anda makin dikenal? - Pasang iklan disini, murah tanpa ribet - Pesan Ojek dan Makanan di Toraja Pakai Aplikasi TORAJEK - Yuk Pasang iklan disini Sekarang Juga!

Iklan

Menkes Ingatkan Daerah Tak Tahan Vaksin, Segera Habiskan

Ricdwan Abbas
Rabu, 25 Agustus 2021

Menkes RI minta Pemda tidak tahan vaksin (screenshot konpers virtual Kemkes) 
Infokitasulsel.com, Jakarta - Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin meminta Pemerintah Daerah tidak menyimpan stok vaksin COVID-19. Kabarnya ada Daerah yang tidak menginjeksikan semua stok vaksin, hanya sebagian dari total yang diterima. 


Menkes dalam Konferensi Pers Update Ketersediaan Vaksin secara virtual, Selasa 24 Agustus 2021 mengatakan, atas arahan Presiden Joko Widodo pemerintah daerah tidak perlu menahan stok vaksin karena nanti akan diatur pengiriman untuk dosis selanjutnya. 


“Jadi kalau kita bisa bilang ini sebagai suntikan dosis pertama maka lakukan sebagai suntikan dosis pertama semuanya, kalau ini sebagai suntikan dosis kedua maka lakukan sebagai suntikan dosis kedua semuanya. Semua manajemen stoknya dilakukan oleh Pemerintah Pusat,” jelasnya. 


Lanjutnya, daerah-daerah yang mengalami kekosongan stok vaksin, bukan karena ditahan, tapi kita sesuai prosedur. Vaksin terlebih dahulu dikirimkan ke provinsi, dari provinsi mungkin butuh satu dua hari untuk sampai ke kabupaten/kota. Tapi ada juga vaksin yang tertahan sampai satu minggu dalam proses pendistribusiannya.


Menkes Budi menghimbau Pemerintah Daerah tidak usah khawatir akan ketersediaan vaksin, karena pemerintah pusat akan mendistribusikan vaksin cukup banyak ke daerah-daerah.


“Jadi September ini saya rasa akan menjadi titik di mana kita akan dapat vaksin lebih banyak. Oleh karena itu rakyat Indonesia, pemerintah daerah tidak usah khawatir, kita pasti akan mengirimkan cukup banyak (vaksin) ke daerah-daerah,” ungkap Menkes Budi.


“Dan untuk membantu transparansinya nanti, kita akan pasang di website yang akan kita perlihatkan stok yang ada di masing-masing kabupaten/kota sehingga kita bisa mengetahui masyarakat juga bisa mengetahui stok yang ada di masing-masing kabupaten/kota,” tambahnya. 


Terkait stok vaksin ini pemerintah telah membuat transparansi stok vaksin level nasional sampai ke level kabupaten/kota melalui website vaksin.kemkes.go.id. Setiap orang dapat mengakses dan memantau stok vaksin yang ada di setiap daerah di Indonesia. 

Sumber Berita Terpercaya | Informasi Update Setiap Hari | Terbuka Peluang Usaha Bagi Anda Yang Ingin Menjadi Penulis Berita/Kontributor Daerah Silahkan Cek di Akhir Halaman