-->

Iklan Semua Halaman

Mau bisnis anda makin dikenal? - Pasang iklan disini, murah tanpa ribet - Pesan Ojek dan Makanan di Toraja Pakai Aplikasi TORAJEK - Yuk Pasang iklan disini Sekarang Juga!

Iklan

Jaringan Internet Milik Telkom Group Bermasalah, Ini Kata Vice President Corporate Communication Telkom

Senin, 20 September 2021

Telkom Group (Gambar: Kompas.com
Infokitasulsel.com, Jakarta - Layanan internet milik Telkom Group, baik IndiHome maupun Telkomsel mengalami gangguan sejak Minggu, 19 September 2021 sore. 


Vice President Corporate Communication Telkom, Pujo Pramono mengungkapkan gangguan tersebut disebabkan karena adanya masalah pada sistem komunikasi kabel laut JaSuKa (Jawa, Sumatera dan Kalimantan) ruas Batam - Pontianak. 


Ia juga menjelaskan, pihaknya pun saat ini telah menemukan titik yang menjadi sumber dari gangguan tersebut. 


"Gangguan teridentifikasi berasal dari titik sekitar 1,5 km lepas pantai Batam pada kedalaman 20 meter di bawah permukaan laut," ujar Pujo dalam pernyataan resmi kepada awak media. Dikutip dari Kompas.com


Karena titik gangguan sudah teridentifikasi, ia menuturkan pihaknya akan segera mempersiapkan upaya perbaikan sesegera mungkin, sehingga layanan kembali berangsur pulih seperti sedia kala. 


Pujo tidak mengumbar kapan proses perbaikan akan rampung, namun jelasnya, untuk saat ini, Pujo mengklaim bahwa layanan internet milik Telkom Group sudah berangsur pulih dan kembali normal. 


Untuk saat ini, jalur internet sementara dialihkan (rerouting) dan dilakukan penambahan kapasitas beberapa link di wilayah Indonesia, seperti dari Papua, Kalimantan, maupun Jawa, serta mengoptimalkan gerbang internasional di Manado. 


Meski demikian, pantauan Infokitasulsel.com Senin, 20 September 2021 pagi, gangguan IndiHome dan Telkomsel ini masih melanda sejumlah pengguna. 


Menurut seorang pengguna IndiHome bernama icha, ia masih merasakan adanya penurunan kualitas jaringan dari biasanya. 


"Kalau akses Google untuk membuat berita sudah bisa, tetapi internetnya ini sangat lambat," ungkapnya kepada Infokitasulsel.com. 


Dilansir dari Kompas.com, hal senada juga disampaikan seorang pengguna Twitter 


@diwidatama. 1112. Menurut dia, layanan internet IndiHome dan Telkomsel masih belum berangsur pulih hingga pagi ini. 


"Padahal ada anak-anak yang ikut ujian asesmen nasional berbasis komputer di sekolah. Penilaiannya pasti terganggu," kata pengguna Twitter @diwidatama. 1112. 

Sumber Berita Terpercaya | Informasi Update Setiap Hari | Terbuka Peluang Usaha Bagi Anda Yang Ingin Menjadi Penulis Berita/Kontributor Daerah Silahkan Cek di Akhir Halaman