Iklan

Iklan

,

Iklan

Presiden Jokowi Adakan 2 Pertemuan Bilateral Sebelum ke Acara KTT G20

Redaksi
31 Okt 2021, 11:15 WITA Last Updated 2021-10-31T03:16:11Z
Presiden RI Joko Widodo dalam sesi foto bersama seluruh delegasi KTT G20 di La Nuvola, Roma, Italia, Sabtu (30/10/2021) siang waktu setempat/Foto Ist
Infokitasulsel.com, Nasional - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) tiba di Italia, Jumat 29 Oktober 2021 sore waktu setempat, tengah malam waktu Indonesia, setelah menempuh perjalanan 13 jam dari Indonesia.

Sebelum menghadiri acara KTT G20, Sabtu 30 Oktober 2021 pagi waktu setempat, Presiden Jokowi melakukan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri Australia, Scott Morrison di Hotel Splendide Royal, Roma.
Menyusul dilakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Prancis, Emmanuel Marcon di tempat yang sama.

Dalam pertemuan dengan PM Australia, Jokowi menyampaikan apresiasi atas dukungan vaksin dari Australia untuk Indonesia. Sebanyak 1,2 juta dosis vaksin telah tiba minggu lalu, dan menyusul menyambut baik kedatangan 10,5 juta dosis vaksin.

Presiden menjelaskan, saat ini penanganan Covid-19 di Indonesia kian membaik dan lebih 185 juta vaksin telah disuntikkan. Tren penanganan Covid-19 yang telah membaik tersebut membuka ruang bagi kedua negara untuk mulai memikirkan pemulihan ekonomi, termasuk di sektor pariwisata.

Apresiasi juga disampaikan dalam pertemuan bilateral dengan presiden Prancis untuk perjanjian kerja sama pertahanan antara Indonesia dengan Prancis.

Perjanjian kerja sama pertahanan oleh Menteri Pertahanan kedua negara telah ditandatangani Juni 2021.

Perjanjian tersebut juga harus membuka ruang bagi kerja sama yang strategis termasuk produksi bersama. Investasi Prancis pada industri alutsista di Indonesia akan sangat diapresiasi.

"Selain soal pertahanan, kami juga membahas soal perubahan iklim serta presidensi Indonesia di G20 tahun depan," tulis Jokowi di akun FB-nya.

KTT G20 dimulai Sabtu siang waktu Roma, Italia. Presiden Jokowi tiba di La Nuvola, lokasi acara, disambut oleh Perdana Menteri Italia, Mario Draghi.

Setelah sesi foto bersama seluruh delegasi G20, KTT pun dimulai dengan sesi working lunch tentang ekonomi dan kesehatan global.

PM Italia Mario Draghi membuka acara dengan pandangan bahwa pandemi telah memisahkan semua warga negara dan kerja sama multilateral adalah jawaban terbaik.
PM Draghi juga mendorong seluruh negara untuk terus melakukan vaksinasi agar target 40 persen populasi global tervaksinasi bisa tercapai di akhir 2021, dan 70 persen pada pertengahan 2022.(*)

Infokitasulselcom News Update
Updated all the time

𝙆𝙇𝙄𝙆 𝙐𝙉𝙏𝙐𝙆 π˜½π™€π™π™‡π˜Όπ™‰π™‚π™‚π˜Όπ™‰π˜Όπ™‰ π™‚π™π˜Όπ™π™„π™Ž π™†π˜Όπ˜½π˜Όπ™2 π™‘π™„π™π˜Όπ™‡ π˜Ώπ˜Όπ™‰ π˜½π™€π™π™„π™π˜Ό π™π™€π™π˜½π˜Όπ™π™ π™Žπ™€π™π™„π˜Όπ™‹ π™Žπ˜Όπ˜Όπ™!πŸ“ΊπŸ“ΊπŸ“Ίhttps://t.me/beritaki


Halo semua, gabung di Grup Telegram Infokitasulsel.com untuk menerima Breaking News dan Berita pilihan setiap harinya...πŸ™
KlikπŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡

Iklan