Iklan

Iklan

,

Iklan

Aliansi Pemuda Peduli Serahkan Bantuan pada Korban Musibah Kebakaran di Lembang Rumandan

Ricdwan Abbas
5 Nov 2021, 10:18 WITA Last Updated 2021-11-05T02:24:39Z

Aliansi Pemuda dan Mahasiswa peduli salurkan bantuan pada keluarga korban musibah kebakaran di Lembang Rumandan
Infokitasulsel.com, Tana Toraja - Aliansi Pemuda dan Mahasiswa Peduli Korban Kebakaran Lembang Rumandan Kecamatan Rano menyerahkan bantuan kepada korban. Kamis, 4 November 2021.


Bantuan yang diserahkan ini, kata Koordinator Aksi Dyanto Somba, dikumpulkan melalui penggalangan dana dengan cara basar dan turun langsung ke jalan.


"Kepedulian kami di implementasikan dengan melakukan bazar dan terjun langsung ke jalan mengumpulkan donasi dari masyarakat yang peduli. Dan Puji Tuhan, Indo'/ambek (orang tua) di Toraja ini saling peduli satu sama lain," ungkapnya.


Seperti diketahui, musibah kebakaran yang menimpa Keluarga Daud Sinar tersebut menghanguskan satu unit rumah hingga rata dengan tanah dan tidak tersisa satu barang pun miliknya.Kejadian nahas itu terjadi saat ditinggal sang pemilik untuk menghadiri suatu acara keluarga (melayat).


"Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam musibah itu. Namun kerugian diperkirakan kurang lebih ratusan juta," ujar Diyanto somba yang juga ketua Umum HPBR.


Kendati demikian, lanjut Dyanto, organisasi ma kedaerahan, pemuda dan mahasiswa sepakat untuk melakukan kegiatan sosial meringankan beban keluarga Daud Sinar (korban musibah kebakaran).


"Hal ini membuat kami sebagai pemuda dan mahasiswa Toraja tersentuh. Hati kami menangis dan turut prihatin. Sebagai bentuk eksistensinya kami, kami tidak hanya berkoar-koar tentang kebijakan dan penindasan tetapi kami juga bisa membuktikan bahwa kami sebagai pemuda dan mahasiswa Toraja punya jiwa sosial dan rasa kemanusiaan dan kami tanamkan dalam-dalam di jiwa kami," pungkas Dyanto.

Adapun organisasi yang tergabung dalam aliansi tersebut yaitu Himpunan Pemuda Bonggakaradeng Rano (HPBR), Ikatan Mahasiswa Toraja Barat (IMTB), Ikatan Pemuda Lembang Kayuosing (IPLK), Himpunan Mahasiswa Sang Madandanan (HMSM), Himpunan Pelajar Mahasiswa Rembon (HPMR), Himpunan Mahasiswa Rantetayo (HMR), Barisan Muda Toraja (BMT) dan Serikat Pemuda Toraja (SPT).


Bantuan yang berhasil dikumpulkan diserahkan langsung oleh Koordinator aksi yaitu uang tunai senilai Rp.4.000.000,00 dan sembako (beras) pada Kamis, 04 November 2021.


Atas kerjasama yang baik dan rasa kemanusiaan yang tinggi dari semua organ yang terlibat terlibat, Koordinator aksi mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih.


"Kalian luar biasa, biarlah Tuhan yang membalas perbuatan mulia kawan-kawan. Tuhan yesus memberkati kita semua," ucapnya.


Daud Sinar mewakili keluarga merasa terharu dan mengucapkan terima kasih atas kepedulian pemuda. Ia mengaku sangat terbantu meringankan beban yang menimpa keluarganya saat ini.


"Kurre sumanga' buda lako anak-anakku pemuda sola mahasiswa Toraja tu mangka  turu' urrasakanni tu diona musibah tu rampo lako kaleki taek dikka laki bela umbala'i sanda simisa'mi sangadinna ta tontong sipassambayangan den upa' anna Puang Matua mora tontong urra'pa'-ra'pa' ki tanda pa'kaboro'Na sia pa'passakke-Na anta tontong marudinding sola nasang lan ullingkai tu diona katuanta solanasang saelakona". Ujar Daud Sinar dalam bahasa daerah Toraja yang artinya:


"Terima kasih anak-anakku Pemuda dan Mahasiswa yang telah turut merasakan penderitaan yang kami alami. Kami tidak akan sanggup membalas kebaikan hati kalian satu per satu selain mendo'akan agar kiranya kasih Tuhan selalu mengiringi langkah kita dan tetap saling mengasihi dalam menjalani hidup sampai selama-selamanya".

Iklan