Iklan

Iklan

,

Iklan

DJM Berduka, Selamat Jalan Untuk Selamanya Sang Maestro Lukis Toraja Mike Turusy

Andika Manglo Barani
28 Nov 2021, 20:41 WITA Last Updated 2021-11-28T15:57:28Z
A D V E R T I S E M E N T
Almarhum Mike Turusy dan hasil karyanya semasa hidupnya (Ist)
Infokitasulsel.com, Toraja Utara - Seniman sang maestro lukis Mike Turusy meninggal dunia. Berdasarkan info yang dihimpun redaksi, Almarhum berpulang ke sang khalik akibat serangan jantung 

Djuli Mambaya salah satu sahabat Alm. Mike Turusy, Sangat kehilangan atas berpulangnya sang maestro lukis Toraja .

"Saya merasa kehilangan atas kepergian sang maestro lukis Toraja yang berciri khas lukisan kayu tau-tau (orang-orangan)," ungkap DJM sapaan akrabnya.

DJM melalui sambungan Whatsappnya, Minggu, 28 November mengatakan, Sosok Mike Turusy adalah seorang pekerja keras, dia terus berkarya hingga saat ini tanpa mengenal lelah, cuaca apakah lagi hujan atau tidak, karyanya dengan ciri khas Tau-tau yang membuat dia di kagumi bahkan membawa dia ke Eropa, Jepang dan beberapa Negara lainnya untuk melakukan pameran tunggalnya yang disambut sangat antusias oleh pengunjung pameran.

"Saat kami buat even seni di Toraja Utara beliau begitu antusias dalam berkarya, sehingga kami mendapatkan MURI di Rantepao, saat dia melukis saya luar biasa karyanya itulah yang membuat saya banyak berkawan dengan para seniman di Toraja," terang DJM.

"saya merasa sedih, kehilangan dengan kepergian sosok Bung Mike Turusy, kiranya keluarga diberikan ketabahan atas kepergian Pak Mike yang begitu tiba-tiba karena menurut info yang saya dapat beliau kena serangan jantung."Tambah DJM 

Meski karyanya yang berciri khas kayu Tau-tau Toraja dikatakan mirip Pinokio namun beliau katakan bahwa Tau-tau ada sejak ratusan tahun lalu, jauh sebelum ada tokoh kartun pinokio .

Jenazah Mike Turusy saat ini berada di RS. Elim Rantepao Toraja Utara dan akan diberangkatkan malam ini ke Makassar.

Iklan