Iklan

Iklan

,

Iklan

Lantik Pengurus GMNI Torut, Sekjen DPP Sujahri Somar: Harus Aktif Menggerakkan Intelektual Toraja

Ricdwan Abbas
9 Nov 2021, 21:22 WITA Last Updated 2021-11-10T00:38:28Z

Sekretaris Jenderal DPP GMNI melantik Pengurus Cabang GMNI Toraja Utara periode 2021-2023
Infokitasulsel.com, Toraja Utara - Sekretaris Jenderal (SEKJEN) Dewan Pengurus Pusat (DPP) Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Sujahri Somar lantik pengurus cabang GMNI Toraja Utara periode 2021-2023. Selasa, 9 November 2021.


Kehadiran Sekjen DPP GMNI Sujahri Somar didampingi Ketua GMNI cabang Makassar dengan sapaan akrab Bung Akar di acara pelantikan yang digelar di Art Center Rantepao, Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan ini disambut antusias kader GMNI Toraja Utara maupun GMNI Tana Toraja.


Diketahui, pengurus yang dilantik pasca Konfercab III GMNI Torut yang digelar pada bulan Oktober lalu, Jessica Sari Putri ditetapkan sebagai Ketua menggantikan kepengurusan Donna Malliwa dan Duma Ruddu ditetapkan sebagai Sekretaris Cabang.


Kegiatan yang mengangkat tema "Mewujudkan Tri Mantap GMNI di Toraja Utara" tersebut resmi dibuka Sekjen Sujahri Somar setelah menyanyikan lagu Indonesia Raya, Mars dan Himne GMNI.


Dalam sambutannya, Sujahri Somar mengatakan sangat bahagia bisa menginjakan kaki di Toraja, tanah dengan sejuta nilai historis, kaya adat dan budaya ini.


"Pertama-tama saya sangat bangga dan sangat berbahagia bisa menginjakan kaki di Toraja, yang terkenal kaya dengan adat dan budayanya yang masih sangat kental," ungkapnya.


Lanjutnya, ia berpesan kepada kader GMNI Toraja, harus aktif menggerakan intelektual dan pemuda, sesuai alur pemikiran dan harus ketat mengawal kebijakan pemerintah yang substansinya adalah masyarakat.


"Kader-kader GMNI harus aktif menggerakkan intelektual di daerah Toraja, jangan pasif apalagi vakum". Pungkasnya.


Ia juga menuturkan agar mahasiswa dan pemuda menjadikan ekonomi kreatif tempat mengekspresikan kemampuan kreatifitas serta inovasi untuk mengimbangi perkembangan jaman.


"Tidak hanya mahasiswa saja, teman-teman juga harus menjadikan ekonomi kreatif (E-craft) tempat untuk mengekpresikan seluruh kemampuan, kapasitas, dan kreatifitas serta inovasi yang teman-teman miliki untuk mengekspresikan di suatu media yaitu di ekonomi kreatif," ujarnya.


Lebih lanjut, kata Sujahri, berkolaborasi dengan pemerintah dan UMKM melihat sector pariwisata sebagai bonus demografi adalah salah satu langkah konkrit mahasiswa dan pemuda kedepan.


"Baiknya juga berkolaborasi dengan pemerintah dan UMKM dalam rangka bonus demografi, karena kedepan yang dibutuhkan adalah kemampuan skill kita. Mampu menjadi anak zaman yang bergerak sesuai dengan konteks jamannya masing-masing," ucap DPP GMNI Sujahri Somar.


Sementara, Ketua Cabang GMNI Torut yang baru saja dilantik dalam sambutannya mengatakan sangat mengapresiasi dan bahagia karena dilantik langsung Sekjen DPP.


"Apresiatif banget bung, karena Sekjen bisa hadir melantik secara langsung walaupun harus menjemput bung Sekjen Ke Palopo karena agendanya hanya di Palopo sebenarnya tapi bisa tiba di Toraja Utara. Ini sesuatu yg baru pertama dilaksanakan di Toraja Utara,  luar biasa banget bung," ungkapnya dengan ekpresi ceria.


Terkait keorganisasian, kepada Infokitasulsel.com ia katakan, harapannya kedepan akan wujudkan Tri mantap GMNI sesuai tema yang diusung.


"Saya berharap GMNI di Toraja Utara semakin maju, Tri mantap GMNI bisa terwujud di Toraja Utara. Dan kader-kadernya semakin revolusioner dan semakin solid," ucap Ketua Cabang GMNI Toraja Utara Jessica.


Penutupan kegiatan, Sekjen Sujahri menambahkan, kekayaan adat, budaya dan nilai historis di Toraja seharusnya bisa dimaksimalkan dan dijadikan role mode kebudayaan oleh pemerintah daerah.


"Saya lihat Toraja ini kaya adat, budaya dan sejuta nilai historis. Seharusnya Pemerintah tidak menjadikan Toraja sekedar daerah pesisir di Sulawesi Selatan tetapi menjadikannya Role Mode kebudayaan," tandasnya.


Turut hadir dalam kegiatan, KNPI Toraja Utara, Ketua organisasi Cipayung (PMKRI, GMKI, GMNI Tana Toraja), Ketua Sapma PP Toraja Utara, Ketua Organisasi Daerah Torut dan Ketua organisasi Internal kampus.


Usai pelantikan, Sujahri Somar bergegas menghadiri Konferda di lain tempat dan nampak dikawal GMNI Tana Toraja sampai di Makale dalam perjalanan menuju arah Makassar.

Iklan