Iklan

Iklan

,

Iklan

Terobos Jalur Ekstrim, Bantuan Polres Tator Sasar Warga Simbuang-Mappak

Ricdwan Abbas
27 Nov 2021, 20:16 WITA Last Updated 2021-12-08T18:10:44Z
_______KSP BALO'TA (DARI KITA UNTUK KITA)_____ ________________ADVERTISEMENT________________

Kondisi jalan Simbuang-Mappak
Infokitasulsel.com, Tana Toraja - Program kepedulian Kapolres Tana Toraja AKBP Sarly Sollu yang bertajuk Sentuhan Kasih Polres Tana Toraja menyasar warga terdampak bencana tanah longsor yang terisolir di daerah pelosok paling ujung wilayah Barat kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan. Sabtu, 27 November 2021.


Setelah upacara pelepasan di halaman Mapolres Tana Toraja, tim yang dipimpin Kasat Samapta AKP Gunarni Munda berangkat dari Makale pukul 09.00 wita menggunakan dua unit mobil double cabin bermuatan sembako beras 1 ton, gula pasir 200 kg dan mie instan yang diperuntukan bagi warga terisolir di Kecamatan Simbuang dan Mappak, Tana Toraja.


Ikut bersama rombongan Polres Tana Toraja, kami dikawal puluhan personil menggunakan sepeda motor trail. Melewati jalan yang ekstrim, pengendara trail berada di barisan depan menerobos dinginnya hujan deras sepanjang perjalanan untuk membersihkan material longsor yang menutupi badan jalan agar dapat dilalui mobil yang membawa bantuan logistik.


Pantauan Infokitasulsel.com yang ikut bersama rombongan, sepanjang jalan Simbuang-Mappak terlihat sejumlah titik sangat berbahaya bagi pengendara akibat badan jalan yang amblas terseret longsor.


Selain itu, material longsor juga menutupi badan jalan setebal 2-3 meter. Hingga kini belum ada tindakan Pemerintah Daerah Tana Toraja untuk melakukan evakuasi material longsor tersebut.


Akibatnya, jalan menyempit dan tidak dapat dilalui kendaraan sehingga dibuatkan jalan alternatif jembatan kayu di tepi tebing yang curam menggunakan kayu gelondongan dari hutan. Sedikit saja kehilangan kontrol dapat terperosok ke dalam jurang yang dalam.


Kondisi memprihatinkan warga terisolir tersebut, Kapolres AKBP Sarly Sollu mendistribusikan bantuan sembako. Sarly Sollu menekankan akan terus menghadirkan negara di tengah-tengah masyarakat di wilayah tugasnya, secara khusus Simbuang-Mappak saat ini.


Menghadirkan negara di tengah-tengah masyarakat adalah memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat sebagaimana Negara terbentuk karena adanya masyarakat dan tugas negara adalah memberikan pelayanan.


"Ada 11 titik longsor, kita mengirimkan bantuan karena mereka tidak bisa keluar, sehingga melalui program sentuhan kasih Polres Tana Toraja, kita mengirimkan beras, indomie dan gula untuk masyarakat Simbuang-Mappak. Semoga apa yang kami kirimkan ini bisa meringankan beban masyarakat. Yang jelas sentuhan kasih Polres ini adalah menghadirkan negara di tengah-tengah masyarakat," ujar Sarly Sollu.


Lebih lanjut, Kasat Samapta AKP Gunarni Munda di salah satu mobil cabin yang membawa logistik sesekali melirik rumah yang meyerupai gubuk di tepi jalan untuk segera diberikan bantuan.


Salah satu mobil rombongan sempat mengalami pecah ban dan beberapa kendala lain akibat medan yang begitu ekstrim ditambah hujan yang terus mengguyur rombongan sepanjang jalan.


Pukul 19.00 Wita, perjalanan yang memakan waktu sekitar 10 jam, akhirnya rombongan tiba di tujuan utama Kondodewata, ibu kota kecamatan Mappak. Tanpa istirahat personil segera menurunkan bantuan di salah satu rumah warga yang sebelumnya, Bhabinkamtibmas di daerah tersebut telah melakukan koordinasi.


Selanjutnya, penyaluran bantuan ke masyarakat akan dilakukan besok, Minggu 28 November 2021.

Iklan