Iklan

Iklan

,

Iklan

Tingkatkan Kreatifitas Menulis Kader, GMKI Komisariat Ratulangi Gelar Pelatihan Jurnalistik

Ricdwan Abbas
21 Nov 2021, 12:27 WITA Last Updated 2021-11-21T07:02:37Z

Pelatihan jurnalistik Komisariat Ratulangi GMKI cabang Toraja
Infokitasulsel.com, Toraja Utara - Pengurus Komisariat Ratulangi Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) cabang Toraja gelar pelatihan jurnalistik di sekretariat GMKI, Rantepao, Toraja Utara. Sabtu, 20 November 2021.


Hal ini dilakukan guna menambah pengetahuan kader dalam pengumpulan, pengolahan serta mempublikasi informasi yang menyebar di lingkup masyarakat.


Kata Ketua Komisariat (Kekom) Dewina Palinggi, seiring perkembangan digitalisasi (jaman teknologi), media publikasi online merupakan cara terbaik untuk menyebarluaskan informasi kegiatan serta informasi sekait kepentingan masyarakat yang mereka peroleh di lingkungan masyarakat agar menjadi informasi yang memenuhi unsur pemberitaan yang mudah dipahami.


"Kami punya website yang sudah lama tidak dikelola, wordpress. Rencananya mau diaktifkan lagi karena kegiatan-kegiatan GMKI akan dipublikasi kedepan. Informasi yang dibutuhkan masyarakat yang didapatkan GMKI Ratulangi kedepan juga akan kita publikasi karena kebanyakan masyarakat lebih mengutamakan mencari informasi lewat media online," ungkapnya.


Sebagai sosial control, lanjut Dewina, penyebaran informasi lewat media online lebih cepat sampai ke masyarakat.


"Saya pikir juga kalau ada kegiatan yang kita lakukan sebagai sosial control di lapangan lebih berdampak karena lebih cepat menggapai masyarakat," ujar Dewina.


Adapun materi dasar yang dibawakan oleh tiga pemateri dari wartawan Toraja yang juga sebelumnya telah mengikuti serangkaian pelatihan literasi dari AMSI Sulsel dan PWI Sulsel, yaitu sejarah jurnalistik, kode etik jurnalis (pedoman/aturan jurnalis) dan penulisan berita yang benar.


Disambut antusias, puluhan anggota GMKI yang hadir melontarkan sejumlah pertanyaan tentang pengumpulan informasi yang memenuhi unsur 5W+1H.


Tidak hanya sekedar materi, setelah pemaparan materi para kader juga diberikan kesempatan untuk menulis berita seremonial (kegiatan) yang memenuhi unsur pemberitaan.


Ketua GMKI cabang Toraja Wilson Paembonan yang turut hadir, setelah materi selesai dipaparkan, mengajak para peserta untuk berdiskusi tentang polemik yang terjadi di kabupaten Tana Toraja maupun Toraja Utara.


Dengan kepribadian yang ceria, dari awal kegiatan sampai selesainya kegiatan diwarnai dengan senyum dan tawa para kader.


Tak lupa, Ketua Komisariat mengucapkan terima kasih dan memberikan piagam penghargaan kepada pemateri.

Iklan