Iklan

Iklan

,

Iklan

A D V E R T I S E M E N T

DPD Nasdem Torut Bersama Eva Stevany Rataba Bantu Korban Bencana di Balusu

Redaksi
3 Des 2021, 15:42 WITA Last Updated 2021-12-03T07:42:14Z
A D V E R T I S E M E N T

Ist
Infokitasulsel.com, Tana Toraja - Partai NasDem melalui Anggota DPR RI Eva Stevani Rataba (ESR) dan Pengurus DPD Partai Nasdem Kabupaten Toraja Utara mengunjungi dan memberikan bantuan kepada korban tanah longsor di di Lembang Karua, Kecamatan Balusu, Toraja Utara, pada Rabu 1 Desember 2021, pukul 16.30 Wita.


Victor, mewakili Pengurus DPD Partai Nasdem Toraja Utara dan Sahabat ESR yang ikut dalam kegiatan tersebut mengakui kunjungannya ke lokasi bencana tanah longsor ini merupakan aksi solidaritas yang dilakukan sebagai bentuk rasa keterpanggilan, kemanusiaan dan kepedulian Partai Nasdem.


Victor juga mengatakan, ini bentuk kepedulian partai Nasdem kepada sesama yang tertimpa musibah bencana alam,  


"Bantuan ini berasal dari anggota DPR RI Eva Stevany Rataba dari Fraksi Partai Nasdem. Pada tiap ada bencana alam Nasdem selalu hadir dan peduli memyalurkan bantuan," jelas  Victor, saat menyerahkan bantuan dari Nasdem Peduli kepada keluarga yang tertimba bencana ini, Jumat 3 Desember 2021.


Dalam kesempatan ini juga Sahabat Muda ESR yang merupakan mahasiswa penerima beasiswa KIP jalur aspirasi menyerahkan juga tanda dukacita kepada orang tua Almarhuma Agnes Pasang yang menjadi korban dalam musibah tanah longsor ini.


Alm. Agnes Pasang yang tercatat sebagai siswi di SMPN 3 Satap Balusu merupakan penerima beasiswa PIP Jalur Aspirasi Eva Stevany Rataba.


"Mewakilli Kakak Eva Rataba dan Kakak Yosia Rinto Kadang kami menyampaiakn rasa dukacita mendalam bagi keluarga Alm. Agnes Pasang, dan kepada keluarga kiranya dapat sabra dan Tuhan tetap beserta kita semua," ungkap Victor.


Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Toraja Utara melaporkan 1 warganya meninggal dunia. Peristiwa ini terjadi di Desa Karua, Kecamatan Balusu, Toraja Utara, pada Rabu (1/12), pukul 16.30 waktu setempat.


Selain korban meninggal, 5 warga lainnya mengalami luka ringan dan telah mendapatkan perawatan medis. Sebanyak 20 KK di desa tersebut terdampak longsor. BPBD juga mengidentifikasi 2 unit rumah warga mengalami rusak berat.


Meskipun beberapa warga rumahnya tidak terdampak langsung, sebanyak 8 KK atau 20 jiwa mengungsi sementara ke rumah kerabat terdekat. Hal tersebut dimaksudkan sebagai upaya antisipasi dampak longsor susulan di sekitar lokasi terdampak. 


Kondisi di lokasi masih terjadi hujan ringan dan petugas BPBD bersiaga untuk mengantisipasi potensi longsor susulan. Di samping itu, BPBD menginformasikan jaringan listrik di lokasi kejadian masih padam dan akses jalan di sekitar lokasi masih tertutup material longsor. 


Menurut petugas BPBD Kabupaten Toraja Utara, kejadian ini terjadi setelah hujan dengan intensitas sedang hingga lebat mengguyur wilayah Kabupaten Toraja Utara serta kondisi tanah labil. Akhirnya gerakan tanah tidak dapat dihindari sehingga menimpa 2 unit rumah hingga terbawa material longsor. 


Berdasarkan kajian inaRISK, Kabupaten Toraja Utara termasuk wilayah dengan potensi bahaya tanah longsor kategori sedang hingga tinggi. Sebanyak 21 kecamatan berada pada potensi tersebut, termasuk wilayah Balusu yang saat ini salah satu desanya terdampak tanah longsor. 


Sementara itu, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi juga menginformasikan wilayah potensi gerakah tanah di Provinsi Sulawesi Selatan pada Desember 2021. Wilayah Kabupaten Toraja Utara teridentifikasi pada kategori menengah hingga tinggi. Ada dua kecamatan yang juga berpotensi banjir bandang yaitu di Baruppu dan Buntu Pepasan.


Menghadapi musim hujan dan pengaruh fenomena La Nina, BNPB mengimbau pemerintah daerah dan masyarakat untuk selalu meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan dalam mengantisipasi dampak bahaya hidrometeorologi, seperti banjir, banjir bandang, tanah longsor dan angin kencang.


BPBD diharapkan untuk selalu berkoordinasi dan memonitor kondisi cuaca serta meningkatkan komunikasi dengan pihak kecamatan maupun desa untuk kesiapsiagaan bersama. (*/Cyber Nasdem Toraja Utara/Medcen ESR)

Iklan

               
         
close