Iklan

Iklan

,

Iklan

Mentan SYL Bersama ESR Tinjau Persiapan Rakornas Pertanian 2022 di Toraja Utara

Redaksi
5 Feb 2022, 19:14 WITA Last Updated 2022-03-19T09:05:02Z
A D V E R T I S E M E N T
Ist
Infokitasulsel.com, Toraja Utara - Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo bersama Anggota DPR RI dari Fraksi Nasdem, Eva Stevany Rataba, meninjau lokasi dan spot wisata yang akan disiapan dalam kegaiatan rapat koordinasi nasional (Rakornas) Kementrian Pertanian RI tahun 2022 yang akan dihadiri langsung Presiden RI Joko Widodo di Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan, Sabtu 5 Februari 2021.

Dalam kunjungan kerja ini, Syahrul Yasin Limpo mengatakan Kabupaten Toraja dan Toraja Utara akan menjadi gerbang utamanya pertanian Indonesia. Menurut Mentan,  Toraja merupakan daerah unik yang memiliki kekayaan alam luar biasa.

Apalagi, selama ini Kabupaten  Toraja Utara menjadi daya tarik spesial bagi masyarakat dunia yang sengaja berkunjung untuk melihat keindahan, keberagaman dan kesuburan alam.


"Karena itu, ada 2 hal yang harus kita jaga bersama di Tana Toraja. Pertama adalah mempermudah akses para turis lokal maupun internasional dan Kedua adalah menjadikan pertanian sebagai sumber kehidupan. Tana Toraja itu unik, punya kelebihan sendiri dan tidak sama dengan Kabupaten lain di Indonesia, bahkan di dunia," katanya.

Khusus untuk sektor pertanian, kata Mentan, semua masyarakat di  Toraja harus segera bergerak melakukan olah tanam dan bididaya ternak. Sebab di Tana Toraja, sektor pertanian adalah ciri sekaligus daya tarik bagi para turis yang ingin melihat kesuburan alamnya.

"Kalau mau memperbaiki Toraja harus dimulai dari sektor pertanian. Disini tanah yang subur. Mataharinya bagus dan airnya melimpah. Karena itu saya berharap kita semua melakukan start dari sekarang," katanya.

Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo, menyebut di tahun 2022 inovasi dan teknologi menjadi kunci pembangunan pertanian di Indonesia. Ia menyebut sistem dan alat pertanian modern berbasis teknologi akan  menjadi salah satu penentu tercapainya target produksi pangan dimasa mendatang. 

"Kekayaan alam yang dimiliki Indonesia sungguh luar biasa, mulai dari air, matahari, hingga tanahnya yang subur, saya optimis jika pertanian kita diurus dengan baik, kita pasti bisa masuk 10 besar negara terbaik di dunia, saya yakin itu" tegas Syahrul. 

Sementara Anggota DPR RI dari Fraksi Nasdem dan juga putri asli Toraja Eva Stevany Rataba, menyampaikan suatu kebanggaan Toraja ditunjuk oleh Kementrian Pertanian RI sebagai tuan rumah event yang akan dihadiri Presiden RI dan para Gubernur, Bupati serta Walikota dari seluruh Indonesia.

"Saya melihat kesiapan Pemkab Toraja Utara sudah siap, dan tentu ini menjadi moment penting dalam mempromosikan pariwisata Toraja," kata Eva Rataba.

Legislator pusat dari dapil SulSel III (Toraja Utara, Tana Toraja, Sidrap, Luwu, Enrekang, Pinrang, Palopo, Lutra, Lutim) juga berharap agar kedepannya sektor agrowisata Toraja juga dapat mendunia dan menjadi andalan Pariwisata dan Pertanian di Toraja.

Peserta Rakornas Kemenrian Pertanian ini sendiri juga akan diajak berkeliling mengunjungi objek wisata yang ada di Toraja Utara, salah satunya Pasar Seni To’Pao.

Turut hadir mendampingi dalam kunker ini, Bupati Toraja Utara Yohanis Bassang, dan Wakil Bupati Toraja Utara Frederik Victor Palimbong.

Iklan

               
         
close