Iklan

Iklan

,

Iklan

Tips Memilih Tinta Printer Epson yang Awet dan Berkualitas

Andika Manglo Barani
16 Mei 2022, 10:20 WITA Last Updated 2022-06-10T09:08:34Z
A D V E R T I S E M E N T
Catridge (Pixels.com)

Infokitasulsel.com, Teknologi - Pemilihan tinta yang tepat akan membantu menjaga kualitas printer agar tetap awet digunakan. Sayangnya hal ini sering disepelekan sehingga banyak orang sembarangan saja memilih tinta printer. Banyak juga yang tidak tahu cara memilih tinta printer yang benar. Supaya tidak salah, yuk cari tahu seperti apa cara memilih tinta yang tepat untuk printer Anda!


Biar Printer Nggak Cepat Rusak, Intip Dulu Tips Memilih Tinta Printer yang Aman


Penting untuk diketahui bahwa tinta printer itu ada beragam jenisnya. Setiap jenis tinta printer didesain untuk perangkat printer yang spesifik. Jadi jangan sampai salah menggunakan tinta karena bisa berpengaruh pada hasil cetak sekaligus menurunkan performa printer. Berikut adalah beberapa tips memilih tinta printer yang aman dan berkualitas:


1. Pilih Tinta dari Merek yang Sama


Tips pertama, pilihlah tinta yang mereknya sama dengan merek printer. Ini merupakan cara paling simple untuk memilih tinta printer. Secara logika, jika mereknya sama maka tinta tersebut bisa sesuai dengan perangkat printer yang Anda gunakan. Meskipun memang bisa saja ada perbedaan varian untuk satu merek tinta yang sama.


Misalnya, printer Anda adalah merek Epson maka carilah tinta dengan merk Epson. Meskipun memang jenis tinta printer Epson ada banyak variannya jadi harus dilihat lebih detail lagi spesifikasinya. Perlu diketahui juga bahwa setiap merek tinta punya tingkat kekentalan yang berbeda-beda. Itulah mengapa jauh lebih aman jika Anda menggunakan tinta yang mereknya sama dengan printer tersebut.


2. Cek Kompatibilitas


Langkah kedua, cobalah untuk cek kompatibilitas tinta yang akan digunakan. Selain memperhatikan mereknya, kamu juga harus membaca detail informasi yang tertera pada kemasan. Cek dulu seperti apa kompatibilitas tinta tersebut. Ambil kesimpulan, apakah kompatibilitasnya sudah sesuai dengan jenis printer yang digunakan atau belum.


Sebenarnya bisa saja jika Anda menggunakan tinta yang tidak kompatibel dengan perangkat printer. Namun hasil cetak sudah pasti tidak akan optimal. Selain itu printer juga bisa mudah rusak jika menggunakan tinta yang kompatibilitasnya tidak sesuai.


3. Jangan Asal Pilih yang Murah


Hindari membeli tinta printer paling murah tanpa mempertimbangkan kualitas serta kompatibilitasnya. Ini biasanya dilakukan oleh pelajar dan mahasiswa yang ingin berhemat sehingga lebih memilih tinta printer yang murah. Sebenarnya tidak masalah membeli tinta murah asalkan tipenya kompatibel dan memang kualitasnya cukup layak diandalkan.


Jangan sampai mengutamakan harga murah sampai Anda tidak sadar kalau sudah membeli tinta palsu. Sekarang ada banyak tinta printer palsu yang beredar di pasaran. Kualitasnya tentu saja jauh lebih rendah dari tinta yang asli. Dari segi harga memang jauh lebih murah namun kualitasnya sama sekali tidak bisa diandalkan.


4. Baca Kandungan Tinta


Cara memilih tinta printer berikutnya adalah baca kandungan tinta. Ini juga penting untuk dilakukan tapi sering dilupakan. Banyak yang menganggap bahwa membaca kandungan tinta tidaklah penting asalkan sudah membaca tipenya di kemasan. Padahal bisa saja tipenya sesuai tapi kandungan tinta tersebut tidak cukup baik.


Sangat disarankan untuk menghindari jenis tinta printer yang di dalamnya mengandung alkohol. Alkohol dalam tinta bisa merusak kondisi printer. Selain membaca kandungan bahannya, Anda juga bisa melakukan pengetesan. Caranya mudah, coba saja kocok botol tinta dan lihat apakah ada gelembungnya. Jika gelembung tersebut tidak hilang dengan cepat maka ada kandungan alkohol.


5. Pahami Jenis Printer


Poin ini juga sangat penting untuk dilakukan agar Anda bisa memilih tinta yang tepat untuk dipakai. Pahami dulu jenis printer yang Anda gunakan. Setiap printer memiliki tipe dan sistem yang berbeda-beda. Ada printer yang menggunakan tinta cartridge dan ada juga yang menggunakan tinta suntik.


Jika sudah paham seperti apa tipe printer-nya maka akan lebih mudah menentukan pilihan jenis tinta yang akan dipakai. Jangan sampai membeli tinta printer tidak cocok dengan perangkat printer yang Anda pakai. Selain hanya membuang-buang uang juga Anda harus kerja ulang karena perlu membeli tinta yang baru.


6. Perhatikan Kualitas Warnanya


Berikutnya, sangat penting untuk memperhatikan kualitas warna dari tinta yang akan Anda gunakan. Pilihlah tinta printer yang kualitas warnanya bagus dan cukup jelas. Ini akan sangat berpengaruh pada hasil cetak printer Anda nantinya. Apalagi jika printer tersebut digunakan untuk membuat cetakan berwarna, tentu harus benar-benar diperhatikan kualitas dan ketajamannya.


Jika Anda sudah menemukan jenis tinta yang pas, maka ingatlah terus tipe tinta tersebut. Saat harus membeli tinta lagi, Anda tidak perlu repot karena sudah tahu mana tinta yang tepat. Tapi jika kualitas tinta tersebut dirasa belum optimal maka tak ada salahnya mencoba untuk mencari tinta lain yang kualitasnya lebih bagus.


Beli Tinta Epson Asli di Blibli


Dapatkan produk tinta printer berkualitas asli di e-commerce Blibli. Blibli menyediakan banyak pilihan produk tinta Epson dengan tipe yang beragam. Salah satunya adalah tinta Epson L565 yang kompatibel dengan printer Epson L565. Dilihat dari tipenya yang sesuai ini maka bisa dipastikan bahwa tinta tersebut akan cocok dan memberi hasil cetak optimal.


Anda bisa mendapatkan tinta Epson L565 ini di Blibli. Belanja di Blibli sudah pasti sangat praktis dan aman. Anda bisa mendapatkan produk tinta berkualitas dengan harga yang bersahabat. Apalagi jika bisa mendapat promo khusus dari Blibli, pasti akan terasa semakin menguntungkan.


Cobalah untuk menerapkan cara memilih tinta printer yang benar mulai dari sekarang. Jangan sampai menggunakan jenis tinta yang tidak cocok karena bisa membahayakan performa printer Anda. Jika ingin printer tetap awet maka jangan malas mencari tinta yang kompatibel dan jangan mudah tergoda dengan penawaran harga terlalu murah.

Iklan