Iklan

Iklan

,

Iklan

Universitas Indonesia Memberi Pelatihan PHBS Bagi Anak-anak Desa Tangge

Editor
5 Sep 2022, 21:18 WITA Last Updated 2022-09-05T23:13:20Z
A D V E R T I S E M E N T

Suasana sekiar Rumah Cerdas Varanus Komodoensis (Dok. Uci)

Infokitasulsel.com, Nusa Tenggara Timur - Universitas Indonesia kembali hadir di Kabupaten Manggarai Barat, tepatnya di Desa Tangge, Kecamatan Lembor untuk memberi pelatihan PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) bagi anak-anak pada 3/9/ 2022. 


PHBS merupakan salah satu program Rumah Cerdas Varanus Komodoensis yang digagas oleh Dr. Sri Murni, M.Kes, pengajar Departemen Antropologi FISIP UI.  Mengambil lokasi di pelataran SD Inpres Cambir Bendera, pelatihan PHBS ini diikuti oleh 33 anak.


“Pelatihan PHBS untuk anak-anak melingkupi cara menyikat gigi dengan benar, mencuci tangan dengan sabun, kebersihan diri dan lingkungan” tutur Murni yang bersama Irhamni Rahman, M.Kessos sebagai fasilitator. 


Pelatihan PHBS menyikat Gigi (Dok. Ist)


“Selain menyikat gigi dan mencuci tangan, anak-anak juga dihimbau untuk membuang sampah pada tempat yang sudah disediakan ” tambah Irhamni, alumnus UI yang kini menjadi Dosen Tetap Universitas Muhammadiyah Jakarta.

Peserta lomba mengumpulkan sampah (Dok. Uci)

Puluhan anak yang mengikuti pelatihan PHBS mengikuti dengan seksama setiap intruksi yang disampaikan oleh fasilitator.


“Kami juga mengingatkan anak-anak untuk memakai masker apabila berada dikeramaian. Dalam pelatihan PHBS ini, kami juga memberikan masker kepada semua anak” , jelas Murni


Peserta lomba bersiap ( Dok. Uci)

Pelatihan PHBS dilanjutkan dengan lomba mengumpulkan sampah yang mungkin terlihat disekitar lokasi rumah cerdas di Dusun Pandang, Peserta lomba dikelompokkan sejumlah  5-6 anak  untuk bersama-sama melakukan pemungutan sampah disekitar sekolah mereka, Kelompok yang berhasil mengumpulkan sampah terbanyak dengan waktu tercepat, maka dialah yang akan menjadi juara lomba.


(UNIVERSITAS INDONESIA)


Iklan

               
         
close