Iklan

Iklan

,

Iklan

Universitas Indonesia Memberi Pelatihan Pengelolaan Rumah Cerdas di Lembor

Editor
5 Sep 2022, 21:07 WITA Last Updated 2022-09-05T23:09:51Z
A D V E R T I S E M E N T

Gambar 1. Foto bersama Kepala Desa dan jajarannya di Kantor Desa Tangge (Dok.Ist)

Infokitasulsel.com, Nusa Tenggara Timur - Universitas Indonesia hadir di Sekolah Dasar Inpres Cambir Bendera, Desa Tangge, Kecamatan Lembor, Kabupaten Manggarai Barat dalam rangka pelatihan pengelolaan rumah cerdas. Penetapan lokasi rumah cerdas adalah hasil diskusi Tim Universitas Indonesia dengan Kepala Desa Tangge, Kosmas Gaib,  beserta jajaranya sebagai dukungan atas program ini. 


Sebanyak 20 guru dan 2 pemuda yang akan menjadi kader Rumah Cerdas Varanus Komodoensis mengikuti pelatihan yang dipandu oleh Dr. Sri Murni, M. Kes dan Irhamni Rahman, S.Hum, M.Kessos pada 3 September 2022. Kegiatan pelatihan bagi para kader adalah salah satu dari banyak program yang diusung Rumah Cerdas Varanus Komodoensis.  


“Kami amat berterima kasih karena Kepala Desa dengan semua stafnya amat mendukung program kami. Demikian juga apresiasi para guru yang diperlihatkan dengan kesediaan mereka untuk mengikuti pelatihan sebagai kader pengelola rumah cerdas”, tutur Dr. Sri Murni, M. Kes, fasilitator pelatihan yang menggagas rumah cerdas ke Duabelas ini.


Pelatihan pengelolaan rumah cerdas dilakukan di ruang guru SD Inpres Cambir Bendera dan dihadiri oleh Kepala sekolah dan Wakil Kepala Sekolah, Antusiasme yang tinggi dari para guru sebenarnya telah diperlihatkan sehari sebelumnya ketika Tim Universitas Indonesia melakukan sosialisasi program rumah cerdas.   


“Bapak dan Ibu Guru SD Inpres ini  menyambut baik kehadiran rumah cerdas di sini” papar Irhamni Rahman, S.Hum, M.Kessos, Alumnus Universitas Indonesia yang mendampingi Murni selama di Desa Tangge.


“Pelatihan bagi kader dimulai dengan memaparkan keseluruhan program rumah cerdas dan pengalaman mengelola sebelas rumah cerdas sebelumnya” jelas Murni perihal materi pelatihan. 


Lebih lanjut, Murni menjelaskan pelatihan selanjutnya mempraktekkan aplikasi eDDC (elctronic Dewey Decimal Classification) yang digunakan untuk katalogisasi buku-buku perpustakaan, Para kader langsung berlatih dengan memberi label pada buku-buku yang dibawa Tim Universitas Indonesia dari Jakarta.

Gambar 2. Suasana Pelatihan Pengelolaan Rumah Cerdas (Dok. Uci)

“Pendampingan calistung dengan cara bermain dan bernyanyi, mendongeng, menggambar, kreasi plastisin, pelatihan PHBS adalah program dasar rumah cerdas kami. Kami amat bangga karena peserta program rumah cerdas kali diikuti hampir 200-an orang” ungkap Murni terkait program rumah cerdas.


Gambar 3. Sebagian peserta program Rumah Cerdas Varanus Komodoensis (Dok. Uci)

“Kami berharap selepas kami kembali ke kampus di Jakarta, kegiatan rumah cerdas tetap berlanjut dan dikelola oleh para kader yang telah kami latih. Harapan kami,  Rumah Cerdas Varanus Komodoensis juga dapat dimanfaatkan oleh semua warga desa Tangge” pungkas Murni menutup percakapan.

Gambar 4. Serah terima secara simbolik dari Ketua Tim Universitas Indonesia, Dr.Sri Murni, M.Kes kepada Kepala Sekolah SD Inpres Cambiran Bendera, Mursalim, S.Pd (Dok. Ist)



Gambar 5. Berfoto bersama para kader usai pelatihan (Dok. Ist)



(UNIVERSITAS INDONESIA)

Iklan

               
         
close