Iklan

Iklan

,

Iklan

KSP BALO'TA Resmikan Gedung Kantor Baru di Pendolo Kabupaten Poso

Redaksi
14 Des 2022, 14:27 WITA Last Updated 2022-12-14T23:20:06Z
A D V E R T I S E M E N T
Bupati Poso, dr. Verna G.M Inkiriwang Resmikan Gedung Kantor Baru KSP BALO'TA di Pendolo (Ist)
Infokitasulsel.com, Pendolo - Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Balo' Toraja (Balo'Ta) meresmikan gedung kantor baru, Cabang Pendolo di Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah, Rabu 14 Desember 2022.

Gedung tersebut diresmikan langsung oleh Bupati Poso dr. Verna G Merry Inkiriwang.

Bupati hadir bersama sejumlah pimpinan OPD di lingkup Pemda Kabupaten Poso.

Juga hadir Anggota DPRD Prov. Sulawesi Tengah, Ellen Esther Pelealu, Wakil Ketua DPRD Poso Semuel Munda, Sekda Poso, Kapolsek Pamona Selatan, Danramil Pamona Selatan, serta para camat dan kepala desa di Pamona Selatan.

Ketua Pengurus KSP BALO'TA , Drs. Dedi Bongga dalam sambutannya menghaturkan ungkapan terima kasih atas perhatian dari Pemerintah Poso. Terkhusus atas hadirnya Bupati dalam kesempatan tersebut.

"Puji Tuhan, pembangunan gedung baru kantor KSP BALO'TA Cabang yang sudah kurang lebih 20 tahun di Kabupaten Poso, tepatnya di Pendolo ini baru mampu kita wujudkan. Tuhan baru izinkan seperti yang kita lihat hari ini. 

"Penantian yang cukup lama sebuah harapan yang sangat menggembirakan hari ini dan merupakan kebanggaan tersendiri bagi kami hari ini Ibu Bupati berkenan hadir bersama dengan seluruh aparat pemerintah daerah kabupaten Poso di acara peresmian gedung baru ini, itu artinya dengan hadirnya perangkat pemerintah daerah sebagai wakil seluruh masyarakat kota Poso," ungkap Dedi Bongga.

Ia pun mengajak Bupati Poso untuk bergabung menjadi Anggota KSP BALO'TA.

"Dan mudah-mudahan ke depan Ibu Bupati berkenan bergabung menjadi anggota KSP BALO'TA, apalagi Pak wakil ketua DPR kan sudah anggota yang juga sekaligus kader." Ujar Dedi.

Dedi pun menyebutkan bahwa Koperasi Simpan Pinjam Balo' Toraja tersebut sudah berumur 81 tahun. Dimana KSP BALO'TA berdiri 4 Tahun sebelum kemerdekaan.

"Empat tahun lebih tua dari NKRI yang sangat kita cintai, tepatnya berdiri tanggal 1 Mei 1941.

Ia menambahkan, Khusus di Sulawesi Tengah, anggota KSP BALO'TA sudah mencapai 3.022 Anggota sementara kantor cabang khusus Pendolo beranggotakan 645 orang per 30 September 2022 dengan 6,71 miliar simpanan. Sementara piutang yang beredar di kota pendolo sebesar 13,99 miliar,  untuk membantu pemerintah dalam membangun perekonomian.

Diketahui, anggota KSP BALO'TA sudah mencapai 46.635 orang dengan aset sebesar 1,2 triliun dari 53 Cabang yang ada.

Sementara itu, dalam sambutannya, Bupati Poso, dr. Verna Gladies Merry Inkiriwang Mengatakan hadirnya KSP BALO'TA di Pendolo sangat bermanfaat dalam membantu perekonomiam masyarakat.

"Kami tentu saja sebagai pemerintah daerah mengapresiasi semua pihak pihak swasta, seluruh stakeholder yang ingin masuk yang Tujuannya adalah untuk pemberdayaan masyarakat maupun meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat karena sejatinya memang Koperasi itu untuk mensejahterakan anggotanya." Ujar Bupati.

"Kami berharap anggota yang sudah bergabung dengan Balo' Toraja ini ada 600-an yang memang warga Kabupaten Poso sangat terbantu dengan kehadiran Koperasi ini yabg sudah 20 tahun berada di Pendolo. Jadi sudah cukup banyak dan paling banyak itu petani." Jelasnya lagi 

"Satu hal yang tentu saja kami apresiasi di tengah-tengah pandemi kemarin, soal ekonomi kita ini hal yang membuat kita Kabupaten Poso tidak terlalu terdampak perekonomiannya karena kita punya petani yang kuat. Bagaimana kita bisa kuat tentu saja bagaimana mereka mendapatkan sokongan dana yang baik sehingga bisa melancarkan setiap usaha usaha pertanian yang dimiliki oleh petani, kan Jadi kami sekali lagi kepada seluruh pihak termasuk hari ini ya ini Koperasi BALO'TA ini mudah-mudahan, benar-benar bisa memberikan manfaat yang sebesar-besarnya kepada seluruh anggotanya."

"Kalau tadi dibilang ibu bupati juga jadi anggota berarti saya harus pelajari dulu. Bagaimana untuk menjadi anggota dan lain sebagainya. Koperasi ini sahamnya sudah kurang lebih 1,2 triliun kurang lebih sama dengan APBD Kabupaten Poso, jadi peran-peran yang signifikan dalam menjaga perekonomian seluruh anggotanya tentu bisa diberikan oleh koperasi," tuturnya.

Ia pun berharap agar KSP BALO'TA semakin sukses dan berjaya.

"Kami tidak melihat KSP BALO'TA itu berasal dari Toraja, tapi kami melihat manfaatnya bagi warga Poso khususnya di Pamona Selatan ini, dan kami membuka pintu selebar-lebarnya bagi KSP BALO'TA untuk berkembang di Kabupaten Poso." Tutup Bupati Verna.

Iklan

               
         
close