Iklan

Iklan

,

Iklan

A D V E R T I S E M E N T

GMKI Pusat Minta Polda Sulsel Usut Tuntas Kasus Terbunuhnya Awal Bangai Aktivis GMKI Palopo

Redaksi
7 Apr 2023, 22:05 WITA Last Updated 2023-04-07T14:05:45Z
A D V E R T I S E M E N T
Ist
Infokitasulsel.com, Makassar - Usai meninggalnya Aktivis GMKI Kota Palopo Awal Bangai Kamis 6 Maret 2023 kemarin akibat tertikam di Jl. Diponegoro, Batupasi, Kec. Wara Utara, Palopo menjadi prioritas utama Pengurus Pusat GMKI.

Ketua Wilayah VIII Sulselbara Restu Tangaka meminta atensi aktif Polda Sulsel agar kasus yang menimpa Awal Bangai yang dibunuh secara keji mendapatkan penyidikan secara komprehensif dan tuntas.

Bertolak dari kronologi sebelumnya bahwa pelaku membunuh mantan Ketua GMKI Palopo Periode 2011-2013 itu karena pelaku menjual handphone korban tanpa sepengetahuan korban sehingga menyulut pertengkaran dan berujung pada terbunuhnya Awal Bangai masih menyisakan banyak praduga yang harus diusut secara tuntas.

"Pengurus Pusat GMKI menyayangkan tragedi yang menimpa Awal Bangai dengan motif yang menurut Restu masih perlu mendapatkan pendekatan penyidikan yang lebih spesifik dengan mempelajari motif-motif lain yang dapat menjadi penyebab terbunuhnya aktivis yang loyal dan aktif pada periode kepengurusannya.

Sambil menunggu usaha pihak kepolisian Kota Palopo dan harapan kuat kepada Polda Sulsel agar sungguh-sungguh mengusut permasalahan ini." Terang Restu yang juga Ketua KNPI Tana Toraja.

Restu juga meminta Pengurus GMKI Kota Palopo agar menjaga suasana kondusif sekaligus terus mendorong kepolisian sektor Palopo agar proaktif menggali motif yang menimpa senior mereka.

"Kita tidak akan berhenti untuk terus mengawal proses penyidikan ini sampai ada titik terang. Bukan tidak percaya pada kronologi yang sudah diberitakan, tetapi keyakinan kami bahwa saudara dan ketua kami ini bisa saja terbunuh karena alasan lain. Oleh karena itu saya meminta seluruh civitas GMKI se-Indonesia untuk mengawal kasus ini hingga tuntas," tegas Restu.

Turut merespon duka yang dialami Keluarga Awal Bangai dan Pengurus GMKI Kota Palopo atas kehilangan tersebut, Ketua Umum GMKI Jefri Gultom menyampaikan agar kejadian tersebut menjadi perhatian bagi PP GMKI serta meminta kepastian Polres Kota Palopo untuk menyelidiki motif pembunuhan mantan Ketua GMKI Kota Palopo sesuai prosedur yang berlaku.

"Kepergian almarhum adalah duka yang mendalam bagi GMKI setanah air, Tuhan memberikan penguatan dan penghiburan bagi keluarga almarhum Ketua Awal Bangai," tutur Jefri.

Jefri pun meminta Restu Tangaka selaku Koordinator Wil. VIII Sulselbara dan GMKI Cab. Palopo untuk mengawal proses hukum hingga ke tingkat pengadilan. (*)

Iklan

               
         
close