Iklan

Iklan

,

Iklan

A D V E R T I S E M E N T

Pesan Toleransi, Pemuda Toraja Gelar Konser Paskah dan Bagi Takjil di Alun-alun Rantepao

Ricdwan Abbas
9 Apr 2023, 16:01 WITA Last Updated 2023-07-22T13:38:01Z
A D V E R T I S E M E N T

Penampilan band di konser musik Paskah yang digelar pemuda Toraja di alun-alun Kota Rantepao, Toraja Utara, Sulawesi Selatan (Sulsel). Kegiatan itu diinisiasi komunitas Toraja Eksplore dan Youth Emergency Service atau Yes. 
Infokitasulsel.com, Toraja - Peringatan hari kebangkitan Yesus Kristus yang dikenal dengan sebutan Paskah adalah moment kebesaran umat Kristen yang ditunggu-tunggu penganutnya di seluruh belahan dunia. 


Untuk mengenang dan memaknai pengorbanan Sang Juru Selamat, umat kristiani antusias menggelar berbagai kegiatan serta perlombaan menyemarakkan paskah.


Tak terkecuali komunitas pemuda Toraja yang menggelar konser musik paskah di Alun-alun kota Rantepao, Toraja Utara, Sulawesi Selatan, Sabtu 9 April 2023 malam.


Kegiatan bertema "Ekspresi Toleransi Toraja" tersebut dihadiri ratusan warga dari berbagai daerah serta denominasi kepercayaan atau agama. Acara diinisiasi Toraja Eksplore dan Youth Emergency Service atau YES.


Koordinator acara, Elia Salurante menuturkan kegiatan itu adalah pesan toleransi bagi penganut agama di luar daerah Toraja. Moment saat ini kata dia dirasa tepat sebab Paskah tahun 2023 bertepatan dengan perayaan bulan suci Ramadhan.


"Seperti tema kita malam toleransi, makna malam paskah ini menyampaikan pesan toleransi. Makanya kita ada panggung hiburan dan bagi-bagi takjil karena menyampaikan pesan toleransi perlu digaungkan," kata Elia kepada Infokitasulsel.com di Alun-alun kota Rantepao, Minggu malam.

 

Ia berharap kegiatan seperti ini dapat berkelanjutan untuk mendukung generasi muda mengembangkan talentanya dan menanamkan pluralisme atau saling menghargai perbedaan keyakinan.


Selain itu, Toraja kata pengurus KNPI Toraja Utara ini, Toraja adalah daerah kunjungan wisata. Untuk menarik wisatawan berkunjung, selain membenahi destinasi wisata juga harus menggenjot event bertema budaya.


"Kita berharap dapat terus berlanjut, karena harapan kita ingin membangun daerah kita, kita ingin membangkitkan generasi-generasi muda untuk berkreasi melalui kegiatan-kegiatan seperti ini," katanya.


"Itu daya dorong kita membangun pemuda melalui UMKM, pokoknya untuk kemajuan daerah, kira-kira seperti itu," Elia menambahkan.


Salah seorang pengunjung yang ditemui di alun-alun kota Rantepao, Icha mengapresiasi semangat pemuda Toraja menebarkan pesan toleransi.


"Seperti kita ketahui ya, sekarang ini lagi Bulan Ramadhan juga dan teman-teman Nasrani bagai-bagi takjil kepada umat muslim yang mau berbuka itu sesuatu yang sangat menyentuh," ujarnya.


Menurutnya, tindakan pemuda Toraja semestinya menjadi teladan untuk senantiasa menjalin kebersamaan di tengah maraknya isu sara yang berkembang di Indonesia.


"Ini pesan yang sangat bagus dari generasi muda Toraja. Jangan menjadikan perbedaan sebagai sekat karena tidak ada jarak antara kita sesama manusia dimanapun berada. Pesan saya kepada semua, contohlah toleransi yang ada di Toraja," ujarnya. (Ricdwan)

Iklan

               
         
close