Iklan

Iklan

,

Iklan

A D V E R T I S E M E N T

DPP Golkar Usung Ketua DPRD Tana Toraja Welem Sambolangi Caleg DPR RI Dapil Sulsel 3

Ricdwan Abbas
14 Mei 2023, 00:19 WITA Last Updated 2023-07-22T13:35:41Z
A D V E R T I S E M E N T

Ketua DPRD Tana Toraja, Welem Sambolangi maju sebagai Calon Legislatif (Caleg) DPR RI dari Partai Golkar. Welem diminta DPP Partai Golkar jadi Caleg DPR RI di Dapil Sulsel 3 (Welem bersama Wakil Ketua Umum Bappilu Partai Golkar Ahmad Doli Kurnia Tandjung).
Infokitasulsel.com, Jakarta - DPP Partai Golkar mengusung Ketua DPRD Tana Toraja, Welem Sambolangi sebagai calon legislatif (Caleg) DPR RI di Pemilu 2024. 


Anggota Dewan Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan (Sulsel) yang tiga periode menjabat Ketua DPRD berturut-turut itu sebelumnya mengaku sudah enggan mencalonkan diri di Pemilu 2024, namun ia diminta DPP Partai Golkar untuk berkompetisi di Pemilu legislatif DPR RI. 


Welem dipercayakan maju di Dapil Sulsel tiga bersama Agustina Mangande, istri Bupati Toraja Utara, Yohanis Bassang alias Ombas.


Dapil Sulsel tiga meliputi sembilan Kabupaten/kota, yaitu Enrekang, Luwu, Luwu Timur, Luwu Utara, Pinrang, Sidenreng Rappang, Tana Toraja, Toraja Utara dan Kota Palopo. 


Kepastian Welem sebagai Caleg DPR RI dibenarkan Welem seusai memenuhi panggilan DPP Partai Golkar. Ia disambut langsung Wakil Ketua Umum Bappilu Partai Golkar, Ahmad Doli Kurnia Tandjung, di Jakarta, Jumat (12/5/2023).


"Iya Dinda, saya salah satu yang diberi amanah untuk maju caleg di Dapil Sulsel tiga untuk pencalonan DPR pusat di Partai Golkar. Ini suatu penghormatan dan penghargaan bagi saya," ujarnya kepada Tribun Toraja, Sabtu (13/5/2023).


Mantan Ketua Persekutuan Kaum Bapa (PKB) Gereja Toraja itu mengatakan hal ini juga merupakan kebanggaan bagi dirinya untuk dapat membangun daerah dari pusat jika terpilih menduduki kursi di Senayan. Amanah pengurus pusat kata Welem, juga merupakan penghargaan kepada kader berprestasi Golkar yang ada di Tana Toraja.


Ia berharap dukungan dari masyarakat Toraja dan Dapil Sulsel tiga. Sebab kata dia, dukungan suara pemilih adalah kunci untuk merealisasikan aspirasi masyarakat memperjuangkan keterwakilan Toraja di pusat.


"Sekiranya masyarakat Toraja dan masyarakat di Dapil Sulsel tiga memberi amanah dan kepercayaan. Amanah itu siap kita pertanggungjawabkan aspirasi rakyat. Karena keterwakilan di pusat perjuangan kita bersama," ujarnya.


Siapakah Welem Sambolangi, Ketua DPRD 3 Tana Toraja periode berturut-turut?


Welem Sambolangi merupakan anggota DPRD Tana Toraja dari Partai Golkar dari Dapil 4 yang meliputi Kecamatan Masanda, Bittuang, Saluputti, dan Kurra.


Dari total suara 2.751 Caleg pemilihan legislatif 2019, Welem Sambolangi meraih suara pribadi, 2.170 suara.


Politisi Partai Golkar ini, empat kali berturut-turut terpilih menjadi anggota legislatif dan tiga periode menjabat Ketua DPRD Tana Toraja.


Welem Sambolangi pertama kali masuk sebagai anggota DPRD pada 2004, saat itu usianya 28 tahun. Ia menjadi anggota DPRD termuda di Kabupaten Tana Toraja saat itu.


Kemudian, Pada pemilu legislatif 2009, Welem kembali terpilih dengan perolehan suara terbanyak di internal Partai Golkar, yang mengantarnya menjadi ketua DPRD Tana Toraja.


Di tahun yang sama, Welem terpilih menjadi Ketua DPD II Partai Golkar Tana Toraja.


Menjadi Ketua DPRD dan DPD II Partai Golkar di usia 33 tahun, menjadikan Welem menjadi ketua termuda, yang pernah menjabat sebagai ketua DPRD dan Ketua Partai Golkar Tana Toraja.


Rekor yang diraih Welem bertambah disaat dirinya ditetapkan KPU Tana Toraja sebagai anggota DPRD terpilih periode 2019-2024.


Welem berjanji akan berupaya semaksimal mungkin, mengemban amanah yang kepercayaan masyarakat dengan sebaik mungkin.


"Saya berupaya memberikan yang terbaik bagi masyarakat karena masyarakat adalah kita dan kita adalah masyarakat, kurre sumanga," kata Welem Sambolangi. (Ricdwan)

Iklan

               
         
close