Iklan

Iklan

,

Iklan

A D V E R T I S E M E N T

Pilkada 2024 Bakal Gunakan APBD, Mendagri Minta Kepala Daerah Mulai Siapkan Anggaran

Ricdwan Abbas
23 Jul 2023, 13:48 WITA Last Updated 2023-07-23T09:37:45Z
A D V E R T I S E M E N T

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian minta pemerintah daerah mulai siapkan anggaran Pilkada serentak 2024 (Sabakota.id)
Infokitasulsel.com, toraja - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian minta pemerintah daerah mulai menyiapkan anggaran untuk perhelatan Pilkada dan Pemilu 2024. 


Hal itu disampaikan dalam Rapat Kerja Nasional ke-15 Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) di ICE BSD, Kabupaten Tangerang.


Sebab kata Tito, perhelatan Pilkada 2024 akan menggunakan anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD). 


"Yang berikutnya untuk Pilkada khusus anggaran dari APBD. Jadi, semua kepala daerah harus siapkan anggaran dari sekarang untuk persiapan pilkada termasuk dukungan KPU, Bawaslu, keamanan dan lain-lain," ujarnya, Minggu 23 Juli 2023.


Mantan Kapolri itu menuturkan, dukungan anggaran tersebut turut serta dalam rangka kelancaran perhelatan Pemilu dan Pilkada 2024.


Kemudian, kendati menggunakan APBD, Tito meminta pemerintah daerah (Pemda) untuk bersifat netral dalam perhelatan Pilkada 2024 nanti.


"Saya minta untuk kepala daerah yang definitif dari partai ya kita tahulah pasti ada tugas partai. Tapi yang definitif pasti netral karena birokrat, harus netral tidak ada politik dukung mendukung partai manapun netral," ucap Tito.


Selain itu kata dia, peran pemerintah daerah dalam perhelatan Pemilu 2024 sangat penting menyukseskan pesta demokrasi lima tahunan yang menjadi titik dasar roda pemerintahan.


"Tadi saya sudah menyampaikan bahwa Pemilu dan Pilkada itu adalah titik penting demokrasi dan melibatkan mobilisasi partisipasi masyarakat yang luas maka terjadilah kerja orkestra," ujarnya.


Purnawirawan Jenderal Bintang 4 itu juga mengatakan pemerintah daerah tetap menjalankan tugas pokok dan fungsi serta menghindari berkampanye dalam perhelatan Pemilu ataupun Pilkada 2024 serentak nanti.


"Untuk sukses, pemerintah daerah saya minta tidak hanya berpikir kemenangan kepala daerah. Tapi, pemerintahan tetap harus berjalan, layanan publik harus berjalan," ucapnya. (Ricdwan)

Iklan

               
         
close