Iklan

Iklan

,

Iklan

A D V E R T I S E M E N T

BREAKING NEWS: 1 Lagi Terkonfirmasi Positif Covid-19 Tana Toraja

Redaksi
3 Jul 2020, 16:33 WITA Last Updated 2020-07-04T02:34:44Z
A D V E R T I S E M E N T
Foto: Media center satgas covid-19
Infokitasulsel.com, Tator- Media Center Satgas Covid-19 Tana Toraja kembali mengumumkan kasus baru terkonfirmasi positif Covid-19 di wilayah Kabupaten Tana Toraja, Jumat, 03 Juli 2020.

Kasus terkonfirmasi positif Covid-19 ini diumumkan langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tana Toraja Mariana Belo, SKM didampingi Tim Dokter Satgas Covid-19 Tana Toraja dr. Mardaria Patioran dan Koordinator Pemberitaan Media Center Satgas Covid-19 Tana Toraja Daniel Galenta Randanan, S.Kom.

Kasus baru (Pasien 13) terkonfirmasi positif Covid-19 berdasarkan hasil pemeriksaan dengan Metode Tes Cepat Molekuler (TCM) di RSUD Lakipadada Tana Toraja dengan data sebagai berikut :
Kasus baru (Pasien 13) adalah laki-laki, beralamat di Kelurahan Tondon Mamullu, Kecamatan Makale berumur 22 tahun. Pasien adalah seorang mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kota Bandung.

Berdasarkan riwayat tracing oleh petugas surveilans diketahui bahwa pasien datang dari Kota Bandung pada Jumat, 28 Februari 2020, setelah tiba di Tana Toraja pasien tidak pernah melakukan perjalanan ke luar kota. Pada Minggu, 28 Juni 2020 pasien merasa kurang enak badan (sakit) dengan keluhan demam, batuk dan pilek. Senin, 29 Juni 2020 Pasien memeriksakan kesehatannya di RSUD Lakipadada dan langsung di Opname (Rawat Inap).

Selasa, 30 Juni 2020 dilakukan Rapid Test dengan hasil Reaktif. Rabu, 1 Juli 2020 dilanjutkan dengan pengambilan swab dengan metode pemeriksaan TCM. Keesokan harinya, Kamis, 2 Juli 2020 Pasien dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19 dan rencananya dirujuk ke Makassar untuk menjalani Pelayanan Rujukan Covid-19 Satgas Provinsi Sulsel.

Dengan diumumkannya 1 kasus baru terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Tana Toraja, Satgas Covid-19 Tana Toraja telah mencatat sudah 13 kasus terkonfirmasi positif dimana 7 pasien diantaranya telah dinyatakan sembuh, 5 pasien masih dirawat dan 1 kasus dinyatakan meninggal dunia.

Satgas Covid-19 Tana Toraja terus melakukan langkah-langkah memutus mata rantai penyebaran Virus Corona di lingkungan masyarakat. Langkah-langkah yang dilakukan adalah dengan melakukan Tracing terhadap riwayat kontak pasien positif tersebut dengan melibatkan Tim Surveilans.

Media Center Satgas Covid-19 Tana Toraja menghimbau masyarakat untuk memperhatikan protokol kesehatan perseorangan yaitu rajin mencuci tangan dengan sabun di air mengalir, bila ada keperluan mendesak untuk keluar rumah selalu gunakan masker, tetap menjaga jarak minimal 1 meter dengan orang lain, menjaga kebersihan badan dan menjaga daya tahan tubuh.

Iklan

               
         
close