Iklan

Iklan

,

Iklan

A D V E R T I S E M E N T

Cegah Pelanggaran Prokes, Personil Gabungan Polres Torut Gagalkan Kegiatan Adu Kerbau

Editor
23 Nov 2020, 16:17 WITA Last Updated 2020-11-23T08:33:13Z
A D V E R T I S E M E N T

Cegah Pelanggaran Prokes Polres Torut Gagalkan Adu Kerbau (Ist)


Infokitasulsel.com, Toraja Utara - Kuat dugaan akan adanya pelanggaran Prokes, Personil gabungan menggagalkan kegiatan kegiatan Ma'pasilaga Tedong (Adu Kerbau) yang rencana akan digelar di Lapangan Pangli Kecamatan Sesean Kabupaten Toraja Utara, Sabtu 22 November 2020.


Puluhan Personel gabungan tersebut terdiri dari Personil Polres Toraja Utara, Personil Polsek Sesean dengan, serta Personil BKO Batalyon B Pelopor Brimob Pare-pare dipimpin oleh Kabag Sumda KOMPOL YULIUS LOSONG PALAYUKAN didampingi Kapolsek Sesean KOMPOL SIMON SANGKA dan Danki I Batalyon B Pelopor Brimob Pare-pare AKP Burhanuddin.


Kapolres Toraja Utara AKBP YUDHA WIRAJATI, S.IK.,M.H, melalui Kabag Sumda KOMPOL YULIUS LOSONG PALAYUKAN, SH menjelaskan bahwa kegiatan tersebut digagalkan karena selain diduga kuat ada unsur perjudian didalamnya juga kuat dugaan akan terjadinya pelanggaran protokol kesehatan (Prokes) seperti menjaga jarak (physical distancing) ataupun tidak menggunakan masker.



“Puluhan kandang kerbau sementara (bontong) yang telah dibuat sebelumnya kami lakukan pembongkaran dan menghimbau kepada masing-masing pemilik kerbau untuk membawa pulang kembali kerbau petarungnya,” beber Yulius.


Tak lupa, Petugas gabungan menjelaskan kepada seluruh Masyarakat yang ada disekitar arena adu kerbau bahwa kegiatan adu kerbau tidak akan berlangsung demi mencegah penyebaran COVID-19 dan meminta seluruh masyarakat untuk kembali ke rumah masing-masing.


“Kami mengimbau kepada seluruh Masyarakat untuk dapat berperan serta mencegah memutus mata rantai penyebaran COVID-19 dengan senantiasa menerapkan Prokes dengan melakukan 4M yakni memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan” pungkas Kabag Sumda.


Perlu diketahui bahwa kegiatan ma'pasilaga tedong (adu kerbau) biasanya digelar oleh Masyarakat Toraja saat acara pesta penguburan orang mati (Rambu Solo'), namun karena telah disusupi oleh unsur perjudian hingga menyebabkan timbulnya kerumunan orang yang lebih banyak.

 

Editor: Muh Bayu

Iklan

               
         
close