Iklan

Iklan

,

Iklan

A D V E R T I S E M E N T

Aliansi Wartawan dan LSM Anti Kriminalisasi Serukan 'Copot' Kapolres Enrekang, Ada Apa?

Editor
11 Feb 2021, 20:08 WITA Last Updated 2021-02-11T13:15:53Z
A D V E R T I S E M E N T

lst

Infokitasulsel.com, Takalar - Imbas dari  dugaan Kriminalisasi dan Penangkapan salah seorang Wartawan  Media Online bernama Wawan yang dilakukan oleh Pihak Polres Enrekang, kini menjadi bola panas di kalangan wartawan seluruh Indonesia,  bahkan seruan Pencopotan Kapolres Enrekang pun mulai bergulir, Kamis 11 Februari 2021.


Seruan ini mulai digulirkan oleh puluhan Wartawan dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) di Kabupaten Takalar  Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) yang menamakan Dirinya dari Aliansi Wartawan dan LSM Anti Kriminalisasi.


Bukan hanya sekedar menyerukan agar Kapolda Sulsel mencopot Kapolres Enrekang, mereka juga bahkan berniat melakukan Aksi Unjuk Rasa (Unras) yang akan melibatkan seluruh Organisasi Kewartawanan yang ada di Kabupaten Takalar.


"Polisi seharusnya menggunakan Undang-Undang Nomor 40 tentang Pers, jika terjadi perselisihan dalam sebuah Pemberitaan, bukan malah Menggunakan KUHP karena ada mekanismenya jika berkaitan dengan Pemberitaan, jangan mentang-mentang yang melapor itu pihak Penguasa, lantas  Polisi serta-merta melakukan Penangkapan, ingat Polisi itu bukan alat Kekuasaan tapi Polisi itu adalah Alat Negara, "ujar Dirman Dangker salah satu perwakilan Wartawan dan LSM di Takalar dengan nada tinggi pada Kamis (11/2).


Ia menambahkan, kami menduga bahwa ini sebuah bentuk Kriminalisasi terhadap Wartawan dalam upaya membungkam Kebebasan Pers di Negeri ini, untuk itu kami meminta kepada Kapolda Sulsel segera melakukan Pencopotan terhadap Kapolres Enrekang agar tidak mencederai Kemitraan yang sudah terbangun dengan baik selama ini antara Media dan Pihak Polri, "tutupnya.


Sebelumnya telah diberitakan banyak Media bahwa Wawan yang juga seorang Wartawan disalah satu Media Online ditangkap Polisi pada minggu (7/2/2021) malam di Makassar, ia ditangkap karena dilaporkan telah memuat berita yang dianggap mencemarkan nama baik Pemda Kabupaten Enrekang. 


Hingga berita ini dinaikkan, pihak Infokitasulsel.com masih berusaha mengonfirmasi Kapolres Enrekang mengenai hal tersebut, namun tidak dapat tersambung.

Penulis : Siaran Pers, Muhammad Haeruddin (Jurnalis Sulawesibersatu.com)

Editor : Purwadi

Iklan

               
         
close