-->

Iklan Semua Halaman

Mau bisnis anda makin dikenal? - Pasang iklan disini, murah tanpa ribet - Pesan Ojek dan Makanan di Toraja Pakai Aplikasi TORAJEK - Yuk Pasang iklan disini Sekarang Juga!

Iklan

Bupati Maros Target Penurunan Angka Kemiskinan Setiap Tahun

Editor
Minggu, 07 Maret 2021

Bupati Maros Chaidir Syam Target Penurunan Angka Kemiskinan Setiap Tahun

Infokitasulsel.com, Maros- Sejak resmi dilantik menahkodai kabupaten Maros pekan lalu, Chaidir Syam dan Hj.Suhartina Bohari, terus menggenjot program kerjanya dari segala sektor, yang menjadi prioritas jangka pendek,menengah dan jangka panjang.


Sebagai langkah konkrit program pro rakyat, Chaidir terus melakukan koordinasi dengan semua OPD, salah satunya dinas sosial kabupaten Maros.

Menurutnya masalah sosial harus menjadi perhatian serius penangananya, agar angka kemiskinan bisa ditekan secara makro setiap tahun.


“Kita berharap penanganan masalah bansos perlu menjadi perhatian serius, agar semua tepat sasaran dan tepat manfaat, penanganannya perlu keterlibatan semua pihak,” ungkapnya. Saat dia berkunjung ke gedung posko pusat pengelolaan data dinsos kabupaten Maros. Jumat (5/3/2021)


Dalam kunjungannya tersebut, Bupati mendengar dan menyaksikan sistim pendataan barbasis android yang dipaparkan secara gamblang oleh Darwis operator Dinsos Maros.


Darwis memaparkan, bagai mana metode penginputan data terkait dengan bansos lewat aplikasi berbasis android.


Terkait dengan data angka kemiskinan Lanjut Darwis, secara makro tahun 2020 tercatat 5,52% menurut Darwis angka ini bisa ditekan turun sampai satu persen pertahun, kalau semua OPD yang ada kegiatan tentang kemiskinan seharusnya menggunakan data ini sebagai acuannya, sehingga data tidak simpang siur.


”Angka kemiskinan untuk tahun 2020 5,52 % secara mikro, , target 2021 bisa turun satu strep. Atau 1% ini bisa tercapai kalau ada intervensi data dan program semua OPD yang ada program penangan kemiskinan terpadu dengan data kami, ” papar Darwis.


Setelah mendapat penjelasan secara detail sistem pendataan dan validasi berbasis android, Chaidir Syam lansung tanggapi dengan meminta agar data tersebut nanti dikelompokkan sesuai umur keluarga penerima manfaat (Kpm).


“Kita akan intervensi lebih detail lagi, misalnya dalam satu keluarga KPM ada usia produktif, mereka akan berikan intervensi peningkatan SDM mereka, seperti diberikan pelatihan sesuai bakat dan kemampuannya. Jadi nantinya mereka bisa meningkatkan taraf hidupnya lewat kemampuan ia meliki, tadak lagi tergantung dari bantuan pemerintah, ” jelasnya


Kedatangan Bupati Maros di gedung posko validasi data dinas sosial kabupaten Maros disambut oleh kadis Sosial Prayitno dindampingi Kabid Linjamsos Muh.Hatta operator validasi data Darwis dan seluruh TKSK, pendamping desa dan kelurahan serta anggota Tagana.


Editor : Purwadi

Sumber Berita Terpercaya | Informasi Update Setiap Hari | Terbuka Peluang Usaha Bagi Anda Yang Ingin Menjadi Penulis Berita/Kontributor Daerah Silahkan Cek di Akhir Halaman