-->

Iklan Semua Halaman

Mau bisnis anda makin dikenal? - Pasang iklan disini, murah tanpa ribet - Pesan Ojek dan Makanan di Toraja Pakai Aplikasi TORAJEK - Yuk Pasang iklan disini Sekarang Juga!

Iklan

Beli Mobil Dinas Seharga 2M di Tengah Pandemi, Gubernur-Wagub Sumbar Jadi Trending Topic

Ricdwan Abbas
Kamis, 19 Agustus 2021

Gambar: Gubernur Sumatera Utara Barat Mahyeldi (terkini.id) 
Infokitasulsel.com, Padang - Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi bersama Wakil Gubernur Audy Joinaldy kompak membeli mobil dinas yang totalnya senilai Rp2 miliar di tengah pandemi. 


Mahyeldi pun mendapat sorotan dari warganet. Apalagi, partai PKS selama ini cukup aktif mengkritik pemborosan anggaran pemerintahan, khususnya soal anggaran pengecatan pesawat kepresidenan.


Kepada wartawan, Mahyeldi mengaku tak tahu harga kendaraan yang digunakan tersebut karena tak ikut serta membeli.


"Saya tidak tahu harga pastinya, karena bukan saya yang membeli. Mobil yang lama masih di sini," kata Mahyeldi, Selasa 17 Agustus 2021.


Meski begitu, Mahyeldi mengaku tahu alokasi anggaran untuk mobil dinasnya yang mencapai Rp 1,4 miliar. Namun dia menyebut harga pembelian tak sampai Rp 1,4 miliar.


"Mobil yang saya pakai itu anggaran yang dialokasikan Rp 1,4 M kalau nggak salah. Dan kemudian kita beli yang di bawah itu," kata Gubernur Sumbar.


Menurutnya, pembelian mobil baru dilakukan karena mobil lama sudah rusak. Ia bahkan sempat meminjam mobil salah satu OPD untuk aktivitas sehari-hari. 


Mengutip terkini.id, Mobil yang kita gunakan, yang lama itu, saya beberapa kali ada gangguan transmisi. Walaupun bisa kita servis, maka tidak safety, sehingga saya pinjam mobil dari OPD yang lain sampai mobil yang baru ini ada," katanya.


"Sudah saya pakai, lebih-kurang satu bulan yang lalu. Saya tidak tahu detail harganya. Bukan saya yang beli. Bagian Umum itu," tambah dia.


Gubernur Sumbar yang juga Ketua DPW Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Sumatera Barat itu menyebut, ke depan, pengadaan mobil dinas di Pemprov Sumbar akan menggunakan sistem sewa.


"Kita merencanakan mobil di provinsi ini ke depan sewa saja, karena setelah dihitung menguntungkan untuk sewa. Dan sudah ada OPD-OPD yang kendaraannya tidak begitu safety, maka kita silakan untuk menyewa," katanya.


Pantauan media detikcom, dua unit mobil dinas baru itu adalah Mitsubishi Pajero yang dipakai Gubernur Mahyeldi dan Hyundai Palisade untuk Wagub Audy Joinaldy.


Komentar Warganet

Warganet menyampaikan kritik ke PKS dan meminta sikap partai terkait pengadaan mobil gubernur Sumut tersebut.


"Saya berjam-jam menunggu komentar terutama dari PKS dan PD soal mobil mewah 2 Milyar ini. Tapi belum juga ada yang komentar," tulis Influencer Ferdinand Hutahaean.


"Bgmn pendapatmu @MardaniAliSera @hnurwahid @fadlizon, ini bermewah2 disaat Sumbar dihajar covid atau tidak?" Tambah Ferdinand lagi.


"Rp2 Miliar itu kecil untuk sekelas Gubernur dari PKS, tapi kalau Rp2 Miliar untuk skelas Presiden RI, itu baru menghamburkan uang.


Sampai di sini apa kalian sudah paham betapa busuknya bau mulut-mulut Sapi itu ?" Tulis akun Yusuf Dumdum.

Sumber Berita Terpercaya | Informasi Update Setiap Hari | Terbuka Peluang Usaha Bagi Anda Yang Ingin Menjadi Penulis Berita/Kontributor Daerah Silahkan Cek di Akhir Halaman