Iklan

Iklan

,

Iklan

Pasien Rawat Inap Keluhkan Ketersediaan Air Bersih di Puskesmas Ge'tengan

Redaksi
31 Agu 2021, 23:16 WITA Last Updated 2021-08-31T15:16:35Z
A D V E R T I S E M E N T

Puskesmas rawat inap Ge'tengan
Infokitasulsel.com, Tana Toraja - Ketersediaan air bersih di Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Ge'tengan, menjadi keluhan utama pasien rawat inap. 


Padahal, puskesmas ini melayani rawat inap. Air bersih adalah kebutuhan utama pasien maupun penjagan pasien setiap saat. 


Diketahui, Puskesmas rawat inap Ge'tengan melayani 13 Desa/Lembang dan 4 kelurahan di Kecamatan Mengkendek, Kabupaten Tana Toraja.


‘’Kadang airnya ada, kadang tidak. Kita kan selalu perlu air bersih selama di sini. Kita berharaplah air bersih di sini selalu ada,” sebut salah seorang warga yang pernah menjalanin perawatan di sana.


Awak media yang menyambangi Puskesmas tersebut melihat langsung betapa sulitnya mendapatkan air bersih di Puskesmas rawat inap Ge'tengan. Ada tiga tandon air tersedia di Puskesmas ini, tetapi tidak satupun berisi air. 


Keluhan ketiadaan air bersih yang layak tersebut juga dirasakan para nakes yang bertugas di puskesmas itu. 


"Kesulitan air bersih ini sudah berlangsung lama, pasien serta kami nakes yang bertugas bila membutuhkan air kadang membeli air galon, "ucap salah seorang nakes kepada awak media yang menemuinya di puskesmas rawat inap Ge'tengan.


Kepala UPT Puskesmas rawat inap Ge'tengan, dr Sunarti yang ditemui di kantornya, Selasa 31 Agustus 2021 sore, mengakui bahwa air bersih memang jadi kendala puskesmas. 

 

Ia beralasan sumur bor yang ada tidak mencukupi kebutuhan air bersih di Puskesmas.

 

"Kami pernah bikin sumur bor tetapi airnya tidak lancar. Sekarang ini, kami hanya mengandalkan sumur galian yang ada, air nya kadang ada ,kadang tidak," ungkap kepala UPT Puskesmas Ge'tengan dr Sunarti.


Menanggapi hal tersebut, kepala Dinas Kesehatan Tana Toraja dr Ria Minoltha Tanggo yang dikonfirmasi pihak media via Whatsapp 31 Agustus mengatakan, belum ada penyampaian dari pihak puskesmas rawat inap Ge'tengan, kendala air bersih yang mereka alami, " ujarnya. 


"Tidak pernah mereka sampaikan,mungkin dikoordinasikan dengan Camat karena untuk operasional Puskesmas ada di Puskesmas sendiri,"jelas dr Ria.


Sungguh ironi Puskesmas yang pernah dikunjungi Presiden RI Jokowi pada bulan Maret 2021 lalu, sekarang ini mengalami kesulitan air bersih. 


Anehnya, saat Presiden berkunjung, kebutuhan air bersih di Puskesmas rawat inap Ge'tengan sepertinya tidak ada kendala, seperti yang disaksikan para awak media sangat lancar sekali.


"Persoalan ini kiranya bisa menjadi perhatian pemerintah, agar segera bisa menindak lanjuti hal ini, jangan dibiarkan berlarut-larut, "harap Aktivis sosial kemasyarakatan Toto Balalembang. 

Iklan

               
         
close