Iklan

Iklan

,

Iklan

Sungai Starda Makale Meluap, Sejumlah Rumah Warga Tergenang Banjir

Ricdwan Abbas
16 Nov 2021, 01:22 WITA Last Updated 2021-11-16T15:04:40Z

Sungai Starda meluap setelah diguyur hujan selama beberapa hari mengakibatkan rumah warga tergenang air

Infokitasulsel.com, Tana Toraja - Curah hujan yang tinggi dan merata di kabupaten Tana Toraja semenjak beberapa hari lalu menyebabkan sungai Starda meluap dan menggenangi rumah warga. Selasa 16 November 2021, malam.


Pantauan Infokitasulsel.com di Jln. Starda Baru kelurahan Pantan, Kecamatan Makale, ketinggian air mencapai lutut orang dewasa (setengah meter lagi mencapai jembatan yang menghubungkan kelurahan Kamali' Pentalluan dengan kelurahan Pantan).


Bahkan, rumah warga yang berada di tepian sungai Starda tergenang air setinggi paha orang dewasa.


Adapun rumah warga yang dijadikan rumah kos juga terdampak banjir, yang dihuni mayoritas pendatang dari luar daerah Toraja. Sehingga penghuni kos mengungsi ke lantai dua, ada juga yang mengungsi ke rumah keluarga yang bebas banjir karena takut air bertambah tinggi.


Beruntung, sebelum intensitas air semakin meningkat, warga sudah mengamankan barang-barangnya ke lantai dua bangunan dan ada yang menitip ke tetangga terdekat yang lebih aman.


"Sudah diangkut tadi ke lantai dua ada juga yang bawa ke rumah teman sama kosnya temannya," kata Uccank salah seorang anak kos di Jln. Starda Baru.


Lanjut Uccank, air mulai naik sekitar pukul 22.00 Wita dan beberapa rumah mulai tergenang sekitar pukul 22.30, malam.


"Sekitar jam 10 mulai mi naik, tapi sekitar 30 menit-an mulai masuk mi ke kos nya teman-teman yang dekat-dekat sungai," bebernya.


Tidak hanya rumah, kandang ternak milik warga pun ikut tergenang banjir.


Saat berita ini ditayangkan, air masih terus meningkat dan warga masih berjaga-jaga untuk memantau air yang semakin meninggi.

Iklan