Iklan

Iklan

,

Iklan

Amankan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022, Polres Gowa Laksanakan Gelar Pasukan Operasi Lilin 2021

Editor
23 Des 2021, 16:58 WITA Last Updated 2021-12-23T12:41:45Z
A D V E R T I S E M E N T

Amankan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022, Polres Gowa Laksanakan Gelar Pasukan Operasi Lilin 2021 
Infokitasulsel.com, Gowa - Dalam rangka pengamanan Natal dan Tahun Baru kepolisian Resort Gowa  melaksanakan kegiatan gelar pasukan dengan sandi Operasi Lilin 2021 yang akan dilaksanakan selama 10 hari mulai 24 Desember 2021 sampai 2 Januari 2022 .


Apel gelar pasukan digelar di halaman apel kantor Bupati Kabupaten Gowa Sulawesi Selatan pada Kamis (23/12/2021)  dihadiri Kapolres Gowa AKBP. Tri Goffarudin. P. SIK.,MH  dan segenap forkopimda Gowa serta beberapa pejabat dilingkup pemkab Gowa dan diikuti oleh peserta apel dari  TNI, Polri , Satpol PP dan Mitra kamtibmas lainnya.


Tujuan dilaksanakannya gelar pasukan ini sebagai bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Operasi “Lilin- 2021” baik pada aspek personel maupun sarana prasarana, serta keterlibatan unsur terkait seperti TNI, Pemda, dan Mitra kamtibmas.


Pada pelaksanaan Operasi Lilin 2021 Polres Gowa akan mempersiapkan kekuatan personil Polri sebanyak 200 personel TNI, Instansi terkait serta   mitra Kamtibmas lainnya sebanyak 105 personil 


Personel tersebut akan ditempatkan di dua pos pengamanan yakni di perbatasan kota Gowa Makassar Jl  Sultan Hasanuddin dan di hutan pinus Kecamatan Tinggimoncong serta dilokasi gereja untuk melakukan pengamanan terkait gangguan kamtibmas dan kamseltibcar lantas.


Bupati Gowa Adnan Purichta IYL yang bertindak selaku inspektur apel saat membacakan sambutan Kapolri mengatakan,  beberapa prediksi gangguan kamtibmas yang akan diantisipasi diantaranya ancaman terorisme dan radikalisme, bencana alam seperti banjir dan tanah longsor, karena saat ini musim penghujan dan yang tidak kalah penting yang perlu diantisipasi adalah bahaya penyebaran covid 19 .


Jadi pengamanan ini tidak boleh dianggap sebagai agenda rutin tahunan biasa, sehingga menjadikan kita cenderung under estimate dan kurang waspada apalagi di masa pandemi Covid-19 saat ini. Kita harus lebih peduli dan jangan sampai kegiatan perayaan Natal dan Tahun Baru menimbulkan klaster-klaster baru penyebaran Covid-19, tambah Bupati Gowa 


Perayaan Natal dan Tahun Baru oleh masyarakat akan dilakukan melalui kegiatan ibadah dan perayaan pergantian tahun di tempat-tempat wisata yang akan berakibat meningkatnya aktifitas di pusat keramaian dan hal ini akan berpotensi menimbulkan gangguan kamtibmas, gangguan kamseltibcar lantas, dan pelanggaran protokol kesehatan Covid-19.


Terkait hal itu Kapolri memerintahkan kepada seluruh personil yang terlibat dalam operasi ini untuk mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif secara humanis, serta penegakan hukum secara tegas dan profesional dan tentunya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19, sehingga masyarakat dapat merayakan Natal dan Tahun Baru dengan rasa aman dan nyaman.


Kapolres Gowa AKBP Tri goffarudin pasca mengikuti apel gelar pasukan mengatakan," segala upaya akan kita lakukan agar pelaksanaan perayaan natal dan tahun baru ini dapat berjalan dengan aman dan kondusif namun dukungan masyarakat kabupaten Gowa sangat kita harapkan agar seluruh rangkaian kegiatan pengamanan dapat berjalan  sesuai yang diharapkan," harapnya.

"(Kul indah)

Iklan