Iklan

Iklan

,

Iklan

A D V E R T I S E M E N T

Siap Berkompetisi di Musda KNPI Tator, Sukardi Kombongkila': Pemuda Peran Utama Pembangunan

Redaksi
14 Des 2021, 18:54 WITA Last Updated 2021-12-14T12:07:21Z
A D V E R T I S E M E N T
Sukardi Kombongkila', S.Pd
Infokitasulsel.com, Tana Toraja - Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI) Toraja siap mengambil peranan dalam kepengurusan Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Tana Toraja.


Hal itu diungkapkan Sukardi Kombongkila' selaku Sekretaris cabang GAMKI Toraja kepada Infokitasulsel.com pada Selasa, 14 Desember 2021. Menurut pengakuan Sukardi, alasan utama dirinya maju dalam kompetisi KNPI karena ia menilai pemuda memegang peranan yang utama dan strategis dalam pembangunan masyarakat suatu negara tak terkecuali di Tana Toraja.


Ia juga menuturkan, dalam berbagai aspek pemuda memiliki peranan penting, salah satunya indikator pertumbuhan kualitas dan kuantitas sumber daya manusia yang signifikan, berdampak dan berkelanjutan. Oleh karena itu, menurutnya pemuda patut mendapatkan apresiasi atas berkonstribusi dalam pembangunan tersebut.


"Pemuda yang bersatu merupakan modal penggerak pembangunan, tak terkecuali di Tana Toraja. Begitu juga dengan Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Tana Toraja merupakan wadah berhimpun dan bersatu para pemuda yang bernaung di berbagai organisasi kepemudaaan/ organisasi kemasyarakatan di Tana Toraja," pungkasnya.


Lanjut Sukardi mengulas, walau saat ini KNPI Tana Toraja dicaretakerkan oleh DPD KNPI Sulawesi Selatan beberapa waktu lalu, tidak menjadi penghalang pemuda Tana Toraja (OKP/ORMAS) untuk tetap berdinamika, berkreativitas dan bermitra dengan berbagai pihak (stake holder) untuk kemajuan Tana Toraja dalam bingkai Toraya Mala’bi.


Ia pun memastikan GAMKI Tana Toraja senantiasa mengawal proses yang berlangsung di KNPI Tana Toraja untuk melangsungkan Musda KNPI yang masif dan kondusif.


"GAMKI Tana Toraja sebagai bagian integral dari KNPI Tana Toraja memastikan mengawal proses yang berlangsung di DPD KNPI Tana Toraja yang berstatus caretaker, secara khusus mempersiapkan Musda KNPI Tana Toraja sebagai forum pengambilan keputusan tertinggi organisasi," tandasnya.


Lebih lanjut, Sukardi mengatakan, Musda seharusnya membangun penguatan kelembagaan dan konsolidasi KNPI Tana Toraja dengan OKP/ORMAS KNPI Tana Toraja sehingga Musda tidak semata menghasilkan kepengurusan baru tetapi juga menghasilkan keputusan dan kebijakan organisasi yang strategis dan berkelanjutan.


"Dengan titik tolak kesadaran tanggungjawab GAMKI Tana Toraja atas keberlangsungan KNPI di Tana Toraja, maka melalui Musda KNPI Tana Toraja, GAMKI Tana Toraja siap berdinamika dan mempersiapkan kadernya untuk maju dalam tampuk kepemimpinan DPD KNPI Tana Toraja," tuturnya.


Sekretaris DPC GAMKI Toraja ini juga menambahkan bahwa harapan GAMKI Tana Toraja kemudian hari jika berkesempatan memegang peranan KNPI Tana Toraja, ia memastikan GAMKI Toraja akan menciptakan Tana Toraja yang lebih harmonis dan lebih intelektualis.


"Jika memegang kepemimpinan KNPI, DPC GAMKI akan membawa KNPI Tana Toraja sebagai sebuah energi harmoni pemuda di Tana Toraja, Ora et Labora," tutup Sekretaris GAMKI Toraja Sukardi Kombongkila' yang juga merupakan Kepala Lembang di salah satu lembang kabupaten Tana Toraja.

Iklan

               
         
close