Iklan

Iklan

,

Iklan

Kendala Biaya, Warga Simbuang Tak Mampu Berobat ke Rumah Sakit

Ricdwan Abbas
17 Jan 2022, 10:10 WITA Last Updated 2022-01-17T03:54:14Z
A D V E R T I S E M E N T
Derita kanker payudara, Ibu Rosana berdiam dirumah selama kurang lebih 7 bulan. Saat ini penyakitnya kambuh dan tak memiliki biaya berobat/operasi
Infokitasulsel.com, Tana Toraja - Penderita kanker payudara di Lekke', Lembang Simbuang, Kecamatan Simbuang, Kabupaten Tana Toraja, rela menahan sakit dirumah lantaran tak punya biaya untuk berobat ke rumah sakit. Senin, 17 Januari 2022.


Informasi dihimpun Infokitasulsel.com, Ibu Rosana (50), menghidupi keluarga dengan berjualan gorengan di pasar bersama suaminya. Penyakitnya sudah lama ia derita, namun karena keadaan ekonomi, ia tidak mampu untuk membayar biaya perawatan/operasi. 


"Anaknya satu Pak, sekolah di Makale. Kalau pekerjaannya, karena dia tinggal dekat pasar dia jual gorengan di pasar Pak sama suaminya".


"Dia sudah rasakan sekitar beberapa bulan, tapi sekarang, artinya sudah tidak mampu dan pasrah ingin ke rumah sakit. Kan dari dulu kita ajak ke rumah sakit tapi dia tidak mau," ungkap tetangga, Suhartiny.

keadaan rumah Ibu Rosana, penderita kanker di Simbuang yang tidak mampu membayar biaya perawatan/operasi sehingga memimilih berdiam diri menahan sakit di kediamannya.
Kendati itu, Rosana menuai empati yang berbagai pihak. Suardy yang berprofesi sebagai guru di Simbuang juga turut membuka donasi untuk membantu biaya perawatan Rosana.


"Bentuk keprihatinan kami bersama beberapa pihak, kami membuka donasi untuk membantu meringankan beban perawatan beliau, karena akan dirujuk ke rumah sakit untuk dioperasi dan katanya (Rosana) tidak ada biaya sama sekali," ungkap Suardy.


Tambah Suardy, sudah sekitar tujuh bulan Rosana tidak menjual gorengan lantaran penyakitnya, sehingga ia (Rosana) khawatir besarnya biaya diluar tanggungan BPJS.


"Kendala dana makanya dia tidak mau ke rumah sakit. Apalagi, selama sakit kurang lebih sudah tujuh bulan dia tidak menjual, dia takut tidak sanggup membayar biaya-biaya yang diluar tanggungan BPJS," kata Suardy.


Lanjut Suardy, saat ini Rosana tinggal di rumah kecil serupa pondok hasil swadaya masyarakat setempat karena rumahnya digusur beberapa waktu lalu.


"Swadayanya ji kasian masyarakat yang buatkan rumahnya itu, karena rumahnya dulu digusur," tutupnya 


Kendala jaringan di Simbuang, pesan redaksi terkait nomor rekening yang akan dilampirkan belum mendapat jawaban. Akan dilampirkan di pemberitaan berikut...

Iklan