Iklan

Iklan

,

Iklan

Yayasan Sinar Kasih Bakti Sosial Donor Darah, Dokter Disco: Pemeriksaan Darah Gratis

Ricdwan Abbas
14 Jan 2022, 10:24 WITA Last Updated 2022-01-14T03:20:35Z
_______KSP BALO'TA (DARI KITA UNTUK KITA)_____ ________________ADVERTISEMENT________________
Yayasan Sinar Kasih Toraja gelar bakti sosial donor darah pada Rabu, 19 Januari 2022 mendatang.
Infokitasulsel.com, Tana Toraja - Yayasan Sinar Kasih Toraja akan menggelar bakti sosial donor darah pada Rabu, 19 Januari 2022 di gedung Pertemuan Yayasan Sinar Kasih (RS Sinar Kasih Toraja), Jalan Buntu no. 8, Kecamatan Makale, Tana Toraja.


Wakil Direktur Bidang Pelayanan Medis RS Sinar Kasih dr. Sutrisno Papayungan yang akrab disapa dr. Disco mengatakan, donor darah yang terkumpul akan disatukan di Unit Transfusi Darah (UTD) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Lakipadada.


Sehingga kedepan, UTD bisa memberikan perawatan/pelayanan transfusi bagi setiap warga yang membutuhkan.


"Semua darah yang didonorkan nanti akan diperiksa dan disimpan di Lakipadada. Yayasan Sinar Kasih hanya melakukan Bakti sosial dalam mendonor".


"Kita mendonor bukan untuk rumah sakit tapi untuk semua warga Toraja. Darah di stok nanti di UTD, jadi UTD boleh bagi darah untuk siapa-siapa yang butuh," kata dr. Disco kepada Infokitasulsel.com.


Tidak ada persyaratan khusus, kata dr. Disco, yang penting sehat, istirahatnya cukup.


Untuk pendaftaran dapat dilakukan di lokasi kegiatan, "adapun syrat mendonor, bersedia dan berat badan diatas 46 kg, sehat," ujarnya.


Seperti diketahui, pasokan darah RSUD maupun Swasta yang ada di kabupaten Tana Toraja tidak memadai sejak beberapa tahun lalu hingga kini.


Sementara, pasien gawat darurat di rumah sakit/puskesmas yang membutuhkan transfusi darah harus mencari orang yang bersedia mendonor darah atau meminta stok darah dari UTD luar daerah.


Lebih lanjut, dr. Disco mengatakan, dengan mendonor, regenerasi sel dan darah menjadi lebih baik dan teratur sehingga tubuh menjadi lebih sehat.


"Tubuh lebih sehat karena regenerasi darah lebih teratur, pahala untuk sesama," kata dia.


Disco juga menyebutkan, sebelum mendonor pada 19 Januari pukul 09.00 Wita tersebut, akan dilakukan pemeriksaan darah gratis dan semua darah yang diambil di screening serta diperiksa lengkap.

Iklan