Iklan

Iklan

,

Iklan

Tinjau Longsor di Tanete Rano Tengah, Victor Datuan Batara Bantu Warga Korban

Redaksi
16 Feb 2022, 18:31 WITA Last Updated 2022-03-19T09:05:02Z
A D V E R T I S E M E N T
VDB saat meninjau lokasi longsor di Rano Tengah (Ist)
Infokitasulsel.com, Tana Toraja - Bencana tanah longsor kembali terjadi di Lembang Rano Tengah Kecamatan Rano, Tana Toraja.

Sebelumnya diberitakan media ini, bencana tanah longsor terjadi Rabu, 16 Februari 2022 dinihari tadi.

Akibat bencana tersebut, 7 rumah mengalami kerusakan, 5 diantaranya sangat parah dan akhirnya dibongkar.

Sebagai bentuk kepedulian PT Malea terhadap musibah yang melanda warga Rano, Pimpinan PT Malea Victor Datuan Batara mendatangi langsung titik bencana longsor.



Didampingi anggota DPRD Tana Toraja Dapil 3 Agustinus Patinggi, VDB yang juga Ketua DPD II Partai Golkar Tana Toraja meninjau rumah warga yang rusak.

VDB juga memberikan bantuan kepada warga terdampak berupa sembako dan bantuan moril.

"Saya baru saja pulang dari lokasi musibah tanah bergerak di Lembang Rano Tengah untuk memonitor perkembangan  di lokasi dan membantu warga yang terdampak musibah," ujar Victor.

Ia mengatakan akibat musibah tanah bergerak itu, sedikitnya tujuh kepala keluarga (KK) atau sekitar 35 jiwa warga lembang Rano Tengah yang harus direlokasi. 

"Rumah yang mereka tinggali terancam ambruk akibat tanah di sekitarnya terus bergerak. PT Malea Energy pun bergerak cepat memberikan bantuan darurat berupa beras kepada warga yang terdampak musibah tanah bergerak di lembang Rano Tengah. 

PT Malea Energy turut merasakan penderitaan masyarakat yang menjadi korban musibah tanah bergerak di lembang Rano Tengah," jelas VDB.

PT Malea Akan Membuka Jalan Baru di Rano Tengah


Diketahui jalan poros Tanete-Buakayu ikut terputus dan tidak dapat dilalui roda empat.

Titik jalan yang putus sebelumnya juga telah diperbaiki oleh PT Malea dengan mengerahkan satu alat berat Exavator, pada tahun lalu saat longsor pertama terjadi.

"Prihatin dengan kondisi jalan putus di lembang Rano tengah, PT Malea Energy akan membantu membuatkan jalan baru. Paling tidak kami (PT Malea Energy) akan buatkan jalan darurat dulu," kata VDB.

Di sela-sela kunjungannya di lokasi musibah tanah bergerak, VDB juga berbincang-bincang dengan masyarakat setempat. 

"Masyarakat yang terdampak musibah tanah bergerak di lembang Rano Tengah sangat mengharapkan dukungan pemerintah daerah dalam hal ini BPBD,  Dinas Sosial untuk membantu warga yang terdampak. Serta dinas PUPR agar segera membuatkan jalan alternatif," ujarnya lagi.

Kepedulian seorang Victor Datuan Batara terhadap warga Toraja yang terkena musibah bukan hanya kali ini saja. Saat bencana gempa bumi di Palu Sulawesi Tengah, Victor Datuan Batara memimpin langsung penyerahan bantuan kepada warga Toraja yang terdampak musibah gempa bumi Palu.

Begitu juga saat kerusuhan Wamena tahun 2019, Victor Datuan Batara  mengunjungi langsung pengungsi warga Toraja di Tongkonan Jayapura. 

Selain itu, Victor Datuan Batara juga punya kepedulian dengan warga Toraja, korban banjir bandang di kabupaten Luwu Utara tahun 2020 lalu. Victor Datuan Batara  didampingi Tim Relawan mengantar langsung bantuan kemanusiaan untuk korban banjir bandang Luwu Utara. (*)

Iklan

               
         
close