Iklan

Iklan

,

Iklan

Mulai Besok, 1 September 2022, Harga BBM Naik, Pertalite 10.000 Solar 8.500?

Redaksi
31 Agu 2022, 18:31 WITA Last Updated 2022-08-31T10:56:50Z
A D V E R T I S E M E N T
SPBU Tete Bassi, Makale, Tana Toraja

Infokitasulsel.com, Tana Toraja - Pemerintah resmi telah menaikkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM), kenaikan harga BBM dikabarkan Mulai akan diterapkan kamis (01/09) besok.


Hal tersebut diungkapkan oleh Pengamat ekonomi energi dari Universitas Gadjah Mada, Fahmy Radhi.


A D V E R T I S E M E N T

Dirinya mengaku mendapat informasi valid bahwa pemerintah akan mengumumkan kenaikan harga Pertalite dan Solar.


A D V E R T I S E M E N T

Berdasarkan informasi yang diterimanya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan mengumumkan kenaikan harga Pertalite dan Solar pada 1 September 2022.


"Bilang saja, Jokowi terpaksa menaikkan harga BBM per 1 September, dengan memberikan bantalan sosial sebelum harga BBM subsidi dinaikkan," kata Fahmy dikutip dari Tribunnews.com.


Beredarnya informasi tersebut membuat warga Toraja berangsur menyerbu SPBU untuk mendapatkan Solar, pertalite dan pertamax.


Pasalnya dari informasi yang didapatkan, mulai besok harga BBM akan naik.


Bursan salah satu konsumen yang ditemui di SPBU Tete Bassi, Makale, Tana Toraja(31/08) pagi mengatakan rela mengantri demi mendapatkan pertamax.


"Ada info katanya besok sudah naik semua harga BBM, jadi biar pertalite tidak ada kita ambil pertamax saja. Besok pertamax sudah harga 16.200," jelasnya.


Ia mengatakan bahwa selain pertalite dan solar, informasi kenaikan pertamax juga beredar di Tana Toraja.


Cek Fakta BBM Naik 1 September 2022


Berdasarkan informasi yang dihimpun Infokitasulsel.com, Menjawab kapan harga baru Pertalite dan Solar Subsidi akan berlaku, Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting juga belum dapat memastikan kapan akan diberlakukan. Saat ini, pihaknya juga masih menantikan keputusan tersebut.


"Belum ada info (kenaikan). Prinsipnya kami sebagai operator akan melaksanakan apa yang ditugaskan oleh regulator," ujar Irto dilansir dari CNBC Indonesia, Rabu 31 Agustus 2022.


Menurut informasi lain yang diterima, keputusan kenaikan harga BBM ada di tangan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi). Adapun alternatif kenaikan harga BBM Pertalite dan Solar Subsidi yang sudah ada di tangan Presiden Jokowi berada di kisaran Rp 8.500 per liter - Rp 10.000 per liter.


Diketahui, saat ini harga BBM Pertalite yang dijual di SPBU hanya Rp 7.650 per liter, sementara harga BBM Solar Subsidi hanya Rp 5.150 per liter. "Ada beberapa alternatif (harga BBM) tinggal diputuskan Presiden," jelas salah satu sumber kepada Infokitasulsel.com.


Sayangnya memang, kepastian waktu kenaikan harga BBM Pertalite dan Solar Subsidi ini hanya Presiden Jokowi yang tahu. Pasalnya dalam Rapat terbatas (ratas) di Istana Negara, Senin (29/8/2022) kemarin, Presiden Jokowi tidak memberi tahu jadwal kapan akan diumumkan. "Semua peserta rapat dengan Presiden kemarin (ratas) juga ngga ada yang dikasih tahu," ungkapnya.

Iklan

               
         
close