Iklan

Iklan

,

Iklan

A D V E R T I S E M E N T

75 Pelajar di Torut Ikut Diklat Paskibraka, Salvius Pasang: Tempa Anak Kita Lebih Disiplin

Ricdwan Abbas
21 Jul 2023, 16:06 WITA Last Updated 2023-07-22T13:29:00Z
A D V E R T I S E M E N T

Sekda Toraja utara foto bersama 75 anggota paskibraka seusai upacara pembukaan diklat di aula Makodim 1414 Tana Toraja. 
Infokitasulsel.com, toraja - Pemerintah Kabupaten Toraja Utara melaksanakan upacara pendidikan dan pelatihan (Diklat) pasukan pengibar bendera Pusaka (Paskibraka) di Aula Makodim 1414 Tana Toraja, Rantepao, 20 Juli 2023.


Upacara dipimpin Sekretaris Daerah (Sekda) Toraja Utara Salvius Pasang selaku pembina upacara.


Pantauan Infokitasulsel.com, turut hadir Kepala Staf Kodim (Kasdim) 1414 Tana Toraja, Mayor Inf Oberan Tandirerung, Kepala Dinas Kesbangpol, Samli dan Kepala Dinas Pemuda dan olahraga Yorry Lasawengen serta Komandan Koramil Makale, Kapten Inf Uda Kalalembang.


"Puji syukur kita panjatkan ke hadirat Tuhan yang Maha Esa telah menyertai kita untuk bisa hadir di tempat ini. Ini adalah bentuk kecintaan kita terhadap Negara Indonesia," kata salvius Pasang mengawali sambutannya.


Sebanyak 75 pelajar yang terpilih sebagai anggota Paskibraka itu diseleksi dari semua sekolah menengah atas maupun kejuruan di Toraja Utara, Sulawesi Selatan (Sulsel). 


Nantinya, mereka akan bertugas menjadi pasukan pengibar bendera merah putih pada upacara peringatan Hari Kemerdekaan ke 78 RI, 17 Agustus 2023 mendatang di Lapangan Bakti rantepao, Toraja Utara. 


Salvius berharap Paskibraka Toraja Utara dapat mengibarkan bendera yang menjadi lambang kehormatan Indonesia dengan penuh khidmat.


"Merah putih adalah lambang eksisnya negara Indonesia. Kita berharap Bendera merah putih berkibar sepanjang masa sepanjang dunia berputar dan merah putih tidak akan pernah pudar di Toraja Utara," ungkapnya.


Kepada para siswa siswi dan pelatih, mantan Kepala Dinas Pertanian Tana Toraja itu berharap, setelah mengikuti pendidikan dan latihan mereka menjadi teladan saat kembali ke lingkungan masing-masing.


"Saya minta bantuan pemandu betul betul memandu adek kita sehingga mereka boleh mengikuti latihan dengan sungguh-sungguh dan bisa memperoleh yang terbaik. Paling tidak anak-anak kita akan memperoleh kedisiplinan karena dalam TNI maupun sipil kunci utamanya adalah disiplin," pungkasnya.


"Saya harap, mereka ini (Paskibraka) ditempa sehingga lebih disiplin dan menjadi teladan di sekolah masing masing, maupun di lingkungannya saat kembali dari pelatihan," kata Salvius.


Upacara pembukaan Dilkat Paskibraka Toraja utara juga dihadiri para senior atau Purnapaskibraka. (Ricdwan)

Iklan

               
         
close