Iklan

Iklan

,

Iklan

A D V E R T I S E M E N T

Lansia Korban Kebakaran di Rano Tator Diduga ODGJ, 20 Tahun Hidup Sebatang Kara

Ricdwan Abbas
24 Jul 2023, 22:26 WITA Last Updated 2023-07-25T08:56:02Z
A D V E R T I S E M E N T

Korban kebakaran di Lembang Rumandan, Kecamatan Rano, Tana Toraja, Sulawesi Selatan menjalani perawatan medis di Puskesmas Rano. (Ist)

Infokitasulsel.com, toraja - Seorang lansia bernama Nenek Gama (65) di Lembang Rumandan, Rano, Tana Toraja, Sulawesi Selatan (Sulsel) menjadi korban kebakaran.


Wajah dan lengan kanannya terkena kobaran api saat berusaha menyelamatkan barang berharga miliknya ketika rumahnya dilalap si jago merah, Senin 24 Juli 2023.


Ia pun harus menjalani perawatan intensif di puskesmas Rano.


Singkat cerita, peristiwa itu bermula saat Nenek Gama sedang menyapu halaman sekira pukul 12.00 Wita. Tiba-tiba api mulai berkobar di bagian dalam rumahnya.


Tanpa pikir panjang, dia berusaha menyelamatkan harta benda miliknya dengan menerobos api yang belum begitu besar.


Nahas, material bangunan yang terbuat dari bahan kayu membuat api sangat cepat membesar dan menyulut muka serta lengan kanan Nenek Gama.


Warga yang mengetahui hal itu langsung membawa Nenek Gama ke Puskesmas Rano untuk mendapatkan perawatan medis.


"Korban menderita luka bakar sedang di bagian wajah dan lengan, namun sudah mendapatkan perawatan intensif di Puskesmas Rano," kata Kapolsek Bonggakaradeng, IPTU Iskandar kepada Infokitasulsel.com, Senin sore.


Menurut Iskandar, korban diduga mengalami gangguan jiwa usai ditinggal suaminya 20 tahun lalu. Ia pun memilih hidup seorang diri di rumah panggung berukuran 6 kali 4 meter miliknya itu yang kini rata dengan tanah. 


"Korban tinggal sendiri di rumah itu sejak bercerai dengan suaminya," ungkapnya.


Baca juga: Kebakaran di Rano Tator Hanguskan 1 Rumah, Nenek 65 Tahun Jadi Korban


Setelah mendapat perawatan medis, Nenek Gama dijemput keluarganya dan kini dirawat di rumah anaknya.


Sebelumnya, kebakaran terjadi di Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan (Sulsel). Kali ini di Salimbongan Dusun Kangdo, Lembang (desa) Rumandan, Rano, Minggu 23 Juli 2023.


Peristiwa itu menghanguskan satu unit rumah panggung milik lansia bernama nenek Gama berusia 65 tahun. Ia tinggal seorang diri di rumah berukuran kurang lebih 6 kali 4 meter tersebut.


Si jago merah melalap rumah nenek Gama hingga rata dengan tanah. Seluruh perabotan perabotan dan harta benda ludes tak tersisa. 


Kapolres Tana Toraja, AKBP Malpa Malacoppo menduga penyebab kebakaran dari tungku masak di dapur. Sebab, ia sedang masak saat itu. 


"Berdasarkan keterangan yang kami peroleh dari para saksi dan pemilik rumah, penyebab kebakaran diduga berasal dari api di dapur. Dimana, pada saat itu korban sedang memasak dengan menggunakan kayu bakar," kata Malpa kepada Infokitasulsel.com, Senin 24 Juli 2023.


Sebagai informasi, memasuki Bulan Juli 2023 sudah 7 kasus kebakaran di Kabupaten Tana Toraja. 


Malpa Malacoppo pun mengimbau warga agar memperhatikan tungku masak serta peralatan elektronik sebelum meninggalkan atau melakukan aktivitas di luar rumah. (Ricdwan)

Iklan

               
         
close