Iklan

Iklan

,

Iklan

A D V E R T I S E M E N T

Respon Keluhan Warga, Ketua DPRD Tator Gandeng BPBD Bersihkan Longsor di Sasak Bittuang

Ricdwan Abbas
4 Agu 2023, 21:52 WITA Last Updated 2023-08-04T16:01:49Z
A D V E R T I S E M E N T

Kondisi terkini jalan poros Lembang Sasak, Kecamatan Bittuang, Tana Toraja yang diterjang longsor.

Infokitasulsel.com, Tana Toraja - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tana Toraja membersihkan material longsor yang sudah dua bulan menutup jalan poros Lembang (Desa) Sasak, Kecamatan Bittuang.


Itu dikerjakan berselang dua hari setelah Ketua DPRD Tana Toraja, Welem Sambolangi meninjau langsung kondisi longsor saat reses di kecamatan Bittuang, Jumat 14 Juli 2023 lalu. Menindaklanjuti aduan warga soal longsor, Welem menggandeng BPBD.


Kepala Lembang Sasak, Benyamin Bongga Karua saat ditemui di lokasi mengatakan jalan tersebut akses utama warga dan penunjang perekonomian. Bahkan penghubung Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar).


Karena itu, keluhan utama disampaikan warga saat reses Ketua DPRD Tana Toraja adalah perbaikan jalan yang tertutup longsor. 


"Jalan poros Sasak akses utama kami yang menghubungkan Lembang Bau bahkan Kecamatan Malimbong dan Sulawesi Barat. Masuk Rembo-Rembo, Pana' kesana dan Mamasa," kata Benyamin kepada Infokitasulsel.com, Kamis 3 Agustus 2023.


"Makanya kita resah kalau jalan ini tertutup karena tidak ada jalan lain," lanjutnya.

Kondisi jalan poros Lembang Sasak Bittuang, Tana Toraja saat ditinjau Ketua DPRD Tana Toraja, Welem Sambolangi.

Lantaran jalan tersebut akses satu-satunya, pelajar sebelumnya terpaksa menerjang longsor saat berangkat ke sekolah. Kini, jalan sudah terbuka lebar dan bisa dilalui kendaraan roda dua maupun roda empat. 


"Kami bersyukur dan berterimakasih kepada Ketua DPRD Bapak Welem yang gerak cepat merespon keresahan kami. Kalau tidak dibersihkan, anak-anak kami yang sekolah sangat kesulitan lewat disini," ungkapnya.


Menurutnya, kondisi itu telah disampaikan ke pemerintah daerah namun lambat ditindaki sehingga mereka mengadu kepada Welem.


"Sebelumnya sudah kami laporkan ke pemerintah terkait sekitar 2 bulan lalu. Tapi karena masyarakat yang sudah sangat resah kami sampaikan ke Ketua DPR dan dua hari setelah ditinjau langsung dikerjakan. Sekali lagi terima kasih Pak Ketua," ujarnya.


Senada Kepala lembang, Welem Sambolangi juga mengungkapkan jalan poros Sasak Bittuang merupakan jalur strategis sehingga penanganan bencana harus dilakukan secepatnya. 


Menurutnya, jika tidak segera ditangani akan menghambat pertumbuhan ekonomi sejumlah daerah terdampak.


"Jadi perbaikan dan evakuasi material longsor ini tindak lanjut kunjungan kerja reses kami sebelumnya di tempat ini menyikapi laporan kepala lembang Sasak," ujarnya.


"Ini memang jalan poros yang strategis karena menghubungkan berapa desa yang merupakan jalur ekonomi sekaligus jalur sosial kemasyarakatan juga anak sekolah lewat disini," tuturnya.


Pantauan Infokitasulsel.com, kondisi sebelumnya sangat memprihatinkan. Seluruh badan jalan tertutup material longsor sehingga sulit dilalui kendaraan. Bahkan, rumah warga nyaris tertimbun. Beruntung, hanya sebagian halaman yang terdampak.


Terbukanya akses jalan membuat aktifitas kembali berjalan normal. 


Sebagai perwakilan Dewan dapil 5, Welem yang juga mantan Ketua PKB Gereja Toraja mengucapkan terima kasih kepada pemerintah daerah yang menindaklanjuti keluhan warga dari Dapilnya.


"Mewakili masyarakat, kami mengucapkan terima kasih kepada pemerintah daerah Tana Toraja utamanya BPBD yang luar biasa melakukan penanganan," ujarnya.


Ketua DPRD 3 periode itu berharap sinergitas pemerintah desa, pemda dan masyarakat terjalin masif. Ia juga berharap warga setempat merawat fasilitas yang disediakan pemerintah untuk mendukung pertumbuhan SDM maupun SDA daerah.

Iklan

               
         
close