Iklan

Iklan

,

Iklan

Potensi Resesi Ekonomi didepan Mata, Al-John Tawarkan Solusinya

Redaksi
25 Sep 2020, 19:20 WITA Last Updated 2020-09-25T11:20:10Z
Ist
Infokitasulsel.com, Tana Toraja - Di tengah mewabahnya virus dari Wuhan hingga ke pelosok negeri, terdapat spekulasi bahwa  pada Kuartal  IV (Oktober-Desember) 2020 Indonesia bisa terancam mengalami resesi ekonomi termasuk Kabupaten Tana Toraja turut merasakan dampak dari pandemi ini.

Ancaman resesi ekonomi di akhir Kuartal IV ini tentu menjadi tantangan besar bagi calon pemimpin Tana Toraja nantinya. Ini bagai buah simalakama, di mana kesehatan rakyat menjadi hal yang tak bisa ditawar namun di satu sisi sektor ekonomi tak bisa ditinggalkan begitu saja.

Menanggapi kondisi tersebut, salah satu kandidat Calon Bupati Tana Toraja 2020 Albertus Patarru' mengungkapkan bahwa dirinya bersama dengan John Diplomasi (Calon Wakil Bupati Tana Toraja 2020) telah mengantisipasi potensi resesi ekonomi tersebut.

“Kita telah perhitungkan itu juga. Solusi yang kita tawarkan ialah fokus pada pengembangan UMKM dan industri kreatif di Toraja. “ ujar Albert.

Calon Bupati Tana Toraja yang bernama lengkap Albertus Patarru ini menjabarkan, bahwa dirinya dan John Diplomasi menitikberatkan pada digitalisasi industri kreatif. 

“Digitalisasi menjadi poin penting di sini. Bertemu tatap muka menjadi hal yang kita hindari di masa pandemi, karenanya mari kita manfaatkan teknologi digital. Kita bikin aplikasi layanan untuk memasarkan produk UMKM lokal kita yang kreatif. Jadi pemesanan digital, pengiriman melalui kurir. Sehingga biarpun di tengah pandemi, rakyat bisa tetap bergerak.” ulas Albert.

Menurutnya, jika menerima mandat kepercayaan, pemerintahan yang Ia pimpin nanti akan mengarahkan UMKM kreatif Tana Toraja untuk lihai melihat potensi pasar di tengah pandemi.

“Contohnya, kebutuhan masker semakin meningkat. Kita bisa arahkan UMKM untuk memproduksi masker kain dengan tenun Toraja. Kita pasarkan secara digital.” papar Albert lebih jauh.

Siapa yang akan terlibat? Albert Patarru menambahkan bahwa tentu saja seluruh warga lembang tanpa kecuali, dari perempuan hingga lanjut usia kita libatkan dalam kegiatan ekonomi. Pelibatan perempuan dan lansia dinilai langkah yang jitu untuk bisa mendongkrak perekonomian keluarga, dan bisa berkontribusi menggerakkan roda perekonomian daerah.

Albert sendiri berkata dirinya optimis mampu membawa perubahan bagi Tana Toraja melalui program-program yang Ia usung. Program yang diberi nama INDEKI’ TORAJA (Inovasi Digital dan Ekonomi Kreatif Toraja) oleh pasangan AL-JOHN ini nampaknya mampu membawa secercah harapan akan perekonomian Tana Toraja, yang menitikberatkan pada sektor pariwisata.

Ajang perhelatan Pemilukada serentak Tana Toraja 2020 ini kiranya akan menjadi ajang adu inovasi dan ide kreatif untuk membangkitkan kembali Tana Toraja. Masyarakat pemilih tentunya harus bisa mencermati program yang ditawarkan oleh para pasangan calon.

Iklan