Iklan

Iklan

,

Iklan

Rumah BUMN Telkom Toraja Dorong Jiwa Usaha Milenial, Lihat Kisahnya ๐Ÿ‘‰

Redaksi
16 Sep 2020, 14:53 WITA Last Updated 2020-09-16T07:15:51Z
Ist
Infokitasulsel.com, Tana Toraja - Berawal dari keluhan akan kelangkaan bahan baku  ubi Talas atau dua’ salonggo (bahasa Toraja) dari beberapa UKM Binaan Rumah BUMN Telkom Tana Toraja yang bergerak di Industri Kripik Talas membuat pengelolah RB Telkom tergugah untuk membuka peluang bagi siswa – siswi SMK di Makale Selatan untuk memenuhi permintaan tersebut, yang kebetulan Jens (pengelolah RB Telkom) adalah salah satu tenaga Pengajar (non PNS) di SMKN 4 Tana Toraja dari DUDI yang mengampuh Mapel Produk Kreatif dan Kewirausahaan.

Diluar dugaan, 2 orang Siswi Winchy (Kel. Tosapan) dan Yuningsih (Lembang Patekke) yang menghubungi Jens via mesenger, selaku pengelolah RB untuk menjawab tantangan itu. Dan terbukti sudah 2 kali kedua siswa tersebut mengantarkan Ubi Talas ke Rumah BUMN Telkom dan langsung difalitasi untuk dihubungkan dengan UKM Binaan RB yang bergerak diindustri Kripik Talas. Dan UKM bersedia untuk dipasokkan Ubi Talas dari kedua Siswa tersebut.

Menurut mereka berdua, ubi seperti itu banyak didekat rumah dan juga tumbuh liar dibeberapa tempat lain, jadi sangat mudah diperoleh. “Kami pikir hanya dibuat sebagai pakan ternak saja Pak atau diben bai (bahasa Toraja), ternyata bisa jadi duit juga” ucap mereka sambil tersipu.

Dengan melihat peluang tersebut menurut  Winchy dan Yuningsih akan terus hunting Ubi Talas alias dua’ salonggo (bahasa Toraja) itu sembari mencoba untuk membudidayakannya, karena ternyata ini salah satu peluang usaha yang bisa dilakukan oleh anak sekolah diwaktu senggang setelah melaksanakan kegiatan PBM baik daring ataupun tatap muka disekolah.

“Kan kami sedang PKL Pak, jadi banyak waktu luang untuk hunting ubi Talas dan Menanamnya, mudah-mudahan dari hasil Ubi Talas ini kami bisa bayar biaya PKL sendiri Pak dan beli pulsa data untuk belajar Online, jadi tidak alasan tidak ada kuota data Pak” ucap Winchy sambil tertawa. Rabu 16 September 2020.

“Memang saat ini UKM yang bergerak di Industri Kripik Talas sedang naik daun” ucap Jens. Menurut beliau, bahkan dimasa Pandemi kemarin dan sampai saat ini permintaan pelanggan akan Produk Kripik Talas semakin meningkat.

Rumah BUMN Telkom Tana Toraja terus berupaya memfasilitasi dan memantau serta men-followup akan keberadaan UKM-UKM Binaan RB Telkom, “baik dari perkembangan usaha, sistem keuangan, perolehan bahan baku, peluang  pasar, dan promosi, serta cara berjualan produk secara digital” ucap Jens.

"Dari pada Ubi Talas hanya dibiarkan tumbuh liar dan hanya digunakan saja sebagai pakan ternak, mungkin ada baiknya kita jadikan sebagai peluang usaha, dengan jalan membudidayakan Ubi Talas. Toraja ini subur, kaya akan sumber daya alam yang bisa digunakan sebagai peluang usaha demi kelangsungan hidup dan kesejahteraan kita, walaupun mungkin masih berskala Kecil, bahkan Mikro", tutupnya.

Iklan