-->

Iklan Semua Halaman

Mau bisnis anda makin dikenal? - Pasang iklan disini, murah tanpa ribet - Pesan Ojek dan Makanan di Toraja Pakai Aplikasi TORAJEK - Yuk Pasang iklan disini Sekarang Juga!

Iklan

Waduh, Pakai Tali Masker Ternyata Dapat Mempermudah Penularan Virus, Kok Bisa?

Redaksi
Kamis, 25 Februari 2021

Ilustrasi gadis manis gunakan tali masker


Infokitasulsel.com, Nasional -
Tali gantungan masker saat ini sedang ramai digunakan oleh orang Indonesia karena dinilai dapat mempermudah saat penggunaan masker.


Alih-alih penggunaan tali masker juga dinilai bagian dari fashion karena terlihat unik dan modis ketika dikenakan saat berpakaian.


Selain itu penggunaan tali masker juga dapat membantu pengguna masker dalam beraktivitas karena dinilai tidak ribet.


Tapi, dibalik modisnya penggunakan tali masker, malah dinilai mempermudah penularan virus.


Hal ini dikatakan oleh Dokter Spesialis Paru-paru, Erlang Samoedro bahwa penggunaan tali masker itu berbahaya.


Melansir dari CNN Indonesia,

"Justru berbahaya, karena lapisan luar yang berhubungan dengan udara luar jadi bisa terkena kulit atau terpegang oleh tangan. Terus, nanti tangan menyentuh mata hidung," ujar Erlang, Rabu 24 Februari 2021.


Dengan demikian, penggunaan tali masker dinilai justru lebih mempermudah terjadinya penularan virus Covid-19.


Hal senada juga diungkapkan, Ketua Bidang Penanganan Kesehatan Satgas Covid-19, Brigjen TNI (Purn) dr Alexander K Ginting.


Dokter Alexander mengatakan bahwa sebaiknya bagian dalam masker tidak boleh tersentuh oleh apapun.


"Sebenarnya, bagian dalam masker itu tidak boleh kontak dengan lain-lain, kecuali dengan bagian tubuh," kata Alexander dalam konferensi pers yang dilaksanakan secara daring di kanal Youtube BNPB.


Menurutnya, Karena penggunaan tali masker memungkinkan masker digantung, masker akan mengenai pakaian, yang bisa jadi sudah terkontaminasi virus. 


Padahal, aturan yang benar adalah bahwa masker tak boleh ada kontak dengan benda apa pun, kecuali bagian tubuh.


Dokter Alex juga menyarankan bahwa tidak seharusnya terlalu sering dilepas-pasang. Hal ini dikarenakan, sangat mungkin ada virus yang menempel di permukaannya. 


"Ketika disentuh, tangan yang sudah terkena bagian yang terkontaminasi akan menularkan virus ke hidung atau mata saat menyentuh wajah."Ujar Dokter Alex.


"Naik turunnya masker itu yang kita khawatirkan, terlebih jika jari-jari kita menyentuh bagian luar masker," tutupnya.

Sumber Berita Terpercaya | Informasi Update Setiap Hari | Terbuka Peluang Usaha Bagi Anda Yang Ingin Menjadi Penulis Berita/Kontributor Daerah Silahkan Cek di Akhir Halaman