Iklan

Iklan

,

Iklan

Perbedaan Gejala Covid-19 yang Sudah Vaksin dengan yang Belum Vaksin

Redaksi
28 Jul 2021, 21:31 WITA Last Updated 2021-07-28T14:02:03Z
A D V E R T I S E M E N T

Sumber: Grid Health - Grid.ID

Infokitasulsel.com, Makassar - Sebagian orang yang sudah divaksinasi masih bisa terinfeksi COVID-19. Fenomena ini disebut sebagai breakthrough infection dan menurut data dari berbagai penelitian sebagian besar orang hanya mengalami gejala ringan saja.


Ini jadi salah bukti bahwa vaksin dapat memberikan efek perlindungan, meski tidak bisa sampai 100 persen mencegah infeksi.


Terkait hal tersebut, satu studi yang dilakukan para peneliti di Inggris melihat perbedaan gejala COVID-19 antara orang yang sudah divaksinasi dengan yang belum. Penelitian Zoe COVID Symptom Study mengumpulkan data survei dari pasien COVID-19 lewat aplikasi dan menyusun gejala yang paling banyak dilaporkan.


Tampak pola gejala terbanyak yang muncul dari orang yang sudah divaksinasi lengkap, baru mendapat satu dosis, dan belum divaksinasi bisa berbeda. Berikut penjelasannya seperti dikutip dari Zoe COVID Symptom Study pada Rabu 28 Juli 2021.


Gejala Covid-19 terbanyak dari orang yang sudah divaksinasi lengkap :

  1. Sakit kepala
  2. Hidung meler
  3. Bersin-bersin
  4. Sakit tenggorokan
  5. Hilang indra penciuman

Gejala Covid-19 terbanyak dari orang yang baru mendapat satu dosis vaksin :

  1. Sakit kepala
  2. Hidung melek
  3. Sakit tenggorokan
  4. Bersin-bersin
  5. Batuk tak berhenti


Gejala Covid-19 terbanyak dari orang yang belum divaksinasi :

  1. Sakit kepala
  2. Sakit tenggorokan
  3. Hidung meler
  4. Demam
  5. Batuk tak berhenti


“Menariknya, kami melihat bersin-bersin dilaporkan sebagai gejala pada orang-orang yang sudah mendapat minimal satu dosis vaksin. Bila Anda sudah divaksinasi kemudian sering bersin tanpa penyebab jelas, sebaiknya coba lakukan tes COVID, terutama bila Anda tinggal atau bekerja di sekitar orang berisiko tinggi,” ungkap peneliti.

Iklan

               
         
close