Iklan

Iklan

,

Iklan

Nama Anak Abcdef Ghijk Zuzu, Orang Tua Sempat Kesulitan Urus Kartu Keluarga

Ricdwan Abbas
22 Okt 2021, 11:01 WITA Last Updated 2021-10-22T03:01:16Z

 

Gambar: tribunnews.com
Infokitasulsel.com, Muara Enim- Seorang anak di Kabupaten Muara Enim, Sumatra Selatan, memiliki nama yang unik. Siswa kelas VII SMP dengan umur 12 tahun itu mempunyai nama ABCDEF GHIJK Zuzu.


Bocah yang kesehariannya akrab disapa Adebz atau Adef itu viral di sosial media setelah mengikuti vaksinasi di Klinik Polres Muara Enim. 


Bocah itu adalah anak sulung dari tiga bersaudara pasangan Zulfahmi (41) dan Zuhro Liani (36) warga Desa Ujan Mas Baru, Kecamatan Ujan Mas, Kabupaten Muara Enim.


Zulfahmi mengungkapkan, dirinya memang ingin memberikan nama ejaan abjad untuk anaknya itu.


"Saya sudah terbesit mau kasih nama abjad ke anak, bahkan disaat saya masih bujang," ujarnya kepada media, Rabu, 20 Oktober 2021.


Ia mengatakan, sejak masih SD, nama anaknya sering menarik perhatian, termasuk para guru-guru di sekolah anaknya tersebut.


"Ada yang manggil dia Abjad, ada yang manggil dia ABCD dan lain-lain. Tapi saya bangga dengan nama anak saya itu, apalagi guru-gurunya juga banyak yang kenal sama dia karena nama itu," ungkapnya.


Zulfahmi mengaku sempat mengalami kesulitan saat dia hendak membiat Kartu Keluarga (KK) pada tahun 2009 karena keunikan nama anaknya.


Kata Zulfahmi, petugas Disdukcapil setempat pernah meragukan nama anaknya. Akibatnya, dirinya harus rela bolak-balik untuk melengkapi keperluan yang agak berbeda dari kebanyakan warga lain saat itu.


"Bahkan saya waktu itu disuruh pulang. Disuruh minta kesaksian dokter yang bantu melahirkan anak saya. Mungkin mereka kira saya main-main," kata Zulfahmi.


"Tapi memang akhirnya bisa juga bikin KK, ya, meskipun disertai banyak keterangan pendukung," jelasnya.


Lanjut Zulfahmi, ia ingin putranya bisa melanjutkan cita-citanya yang belum bisa tercapai. Ternyata ia tertarik pada dunia sastra sejak dulu.


Namun, dikarenakan berbagai faktor, ayah tiga anak itu tidak bisa menekuni dunia sastra yang diminatinya.


Perihal tersebut, Zulfahmi sengaja memberikan nama yang terdiri dari ejaan abjad pada anak sulungnya. Sebab, dia ingin anaknya bisa menjadi ahli bahasa yang mampu menguasai banyak bahasa selain Bahasa Indonesia.


"Mungkin dia yang bisa melanjutkan cita-cita saya yang belum bisa tercapai, menekuni bidang sastra," ungkapnya, dikutip dari TribunSumsel.com, Rabu.


Sebelumnya, video ABCDEF GHIJK Zuzu yang direkam oleh seorang petugas kepolisian, viral di media sosial.


Diberitakan TribunSumsel.com, siswa SMP itu terdengar ditanya-tanya oleh si perekam," ini asli namanya ABCDEF GHIJK Zuzu ini?," tanya si perekam.


Untuk meyakinkan bahwa nama tersebut benar, sang polisi minta sang siswa memperlihatkan nama yang tertera di baju sekolahnya.


"Oalah, ado-ado be (ada-ada saja)," ucap si perekam.


Siswa itu lalu didoakan oleh sang polisi yang merekam,"Semoga sehat-sehat terus ya. Semangat ya, belajar yang rajin, olahraga," ujarnya di akhir video.(*) Ricdwan

Iklan