Iklan

Iklan

,

Iklan

Lembang Nonongan Torut Juara 3 se-Indonesia Konten Kreatif

Redaksi
8 Des 2021, 07:14 WITA Last Updated 2021-12-07T23:14:01Z
A D V E R T I S E M E N T
Ist
Infokitasulsel.com, Jakarta - Lembang Nonongan Kecamatan Sopai Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan, menyabet juara 3 kategori konten kreatif se-Indonesia pada kegiatan Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) "Indonesia Bangkit" 2021 yang diselenggarakan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) di Ciputra Artpreneur, Jakarta Selatan, Selasa 7 Desember 2021, malam.

Pengelola Lembang Nonongan juga mendapat uang tunai senilai Rp20 juta.

Dalam kegiatan tersebut, Kemenparektaf hanya mengundang 54 kepala daerah (bupati/walikota) se-Indonesia, salah satunya Bupati Toraja Utara, Yohanis Bassang (Ombas).

Ombas mengapresiasi Kemenparektaf yang telah menganugrahi Lembang Nonongan sebagai juara 3 kategori konten kreatif se-Indonesia.

"Ini luar biasa dan memang pantas mendapat juara bergengsi karena Toraja Utara merupakan destinasi pariwisata berkelas dunia," katanya.

Ombas menambahkan, Pemkab Toraja Utara juga telah mencanangkan Lembang Adat yang sekaitan dengan desa wisata yang menjadi salah satu agenda pembanguan nasional berkelanjutan oleh Kemenparektaf 2020-2024.

"Waktu mas Menteri Sandiaga Uno datang berkunjung ke Toraja Utara, saya sudah diskusikan terkait lembang adat dan beliau sangat merespon baik," ucap Ombas di sela-sela Malam Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021.

Diketahui, sebanyak 1.831 peserta desa wisataterakurasi menjadi 300 besar, 100 besar, dan 50 besar oleh tim kurator dan dewan juri ADWI 2021 dengan mengangkat tujuh ketegori penilaian antara lain penerapan CHSE, desa digital, souvenir (kuliner, fesyen, kriya), daya tarik wisata (alam, budaya, buatan), konten kreatif, homestay dan toilet.

Kegiatan yang diselenggarakan Kemenparektaf ini dalam rangka mewujudkan pengembangan desa wisata sebagai destinasi pariwisata berkelas dunia, berdaya saing dan berkelanjutan sebagai satu agenda pembangunan nasional dalam RPJMN 2020-2024.

Iklan