Iklan

Iklan

,

Iklan

A D V E R T I S E M E N T

Jadi Pemateri Seminar Nasional di Tana Toraja, Syafii Efendy Paparkan 10 Kunci Sukses Kepada Ribuan Pemuda

Ricdwan Abbas
3 Jun 2023, 19:17 WITA Last Updated 2023-07-22T13:33:28Z
A D V E R T I S E M E N T

Syafii Efendy foto bersama Wakil Bupati Tana Tora Zadrak Tombeg seusai memberikan materi kepada ribuan mahasiswa dan pelajar di ruang pola Kantor Bupati, Kelurahan Pantan, Makale, Sabtu 3 Juni 2023.

Infokitasulsel.com, toraja - Motivator muda ternama Syafii Efendi menjadi pemateri Seminar Nasional di Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan, yang digelar organisasi Wirausaha Muda Nusantara (Wimnus), Sabtu 3 Juni 2023.


Pengusaha yang telah malang melintang sebagai narasumber hingga lingkup Internasional itu memaparkan 10 kunci sukses kepada ribuan mahasiswa dan pelajar di ruang pola Kantor Bupati Tana Toraja, Kelurahan Pantan, Makale.


10 kunci sukses tersebut ialah:

  1. Jangan hidup di masa lalu
  2. Jangan menyalahkan siapapun
  3. Fokus perbaiki input
  4. Belajar dari yang terbaik
  5. Bekerjsama dengan yang terbaik
  6. Komitmen
  7. Persisten
  8. Alasan/dorongan yang kuat
  9. Action
  10. Change (paksa, bisa, terbiasa).


"Rubah kebiasaan malas mulai sekarang karena tidak ada tempat bagi pemalas di dunia ini. Hindari pacaran sebelum sukses, fokus perbaiki diri dan keuangan dulu karena cinta datang seiring kemapanan seseorang," kata Syafii, owner 7 perusahaan dan pemilik 13 kampus.


Di hadapan ribuan milenial Tana Toraja dan Toraja Utara yang mengikuti seminar, President of OIC Youth Indonesia itu mengatakan setiap pemuda memiliki peluang sukses yang besar.


Namun, kesuksesan harus diawali dengan merubah pola pikir yang maju. Kata dia, peluang tanpa perencanaan yang matang tidak akan menghasilkan pondasi bisnis yang kokoh. Dimana 10 kunci sukses yang dipaparkan berpengaruh besar untuk merubah keadaan.


"Pertama-tama, jika ingin rubah nasib, hal utama yang harus dirubah adalah kebiasaan, mindset," kata penerima 2 Rekor MURI Business Owner Investor itu.


"Kemudian, berbicara peluang di Toraja bukan tentang potensi apa yang dimiliki di daerah ini karena peluang ada dimana-mana. Jika anda ingin merubah buah anda harus mengubah akarnya terlebih dahulu, ubah kebiasaan buruk mulai sekarang," tambah Syafii.


Sebelumnya, acara dibuka oleh Wakil Bupati Tana Toraja, Zadrak Tombeg.


Dalam sambutannya, Zadrak mengatakan pemuda adalah ujung tombak pembangunan suatu bangsa.


Karena itu, ia berpesan agar pemuda Toraja tidak terlena oleh keadaan yang semakin maju dan segala kemudahan yang menggiurkan untuk sekedar bersenang-senang.


"Anak-anakku semua, kalian adalah orang-orang yang akan merubah keadaan keluarga, daerah hingga bangsa kita ini. Perubahannya tentu tergantung kepada usaha kalian. Karena itu fokus belajar dan jangan melupakan iman, karena ilmu harus sejalan dengan akhlak yang baik," kata Zadrak.


Ia juga mengapresiasi, Syafii Efendy yang berkenan memberikann ilmu pengetahuan bagi generasi muda Toraja.


Kata dia, segudang pengalaman Syafii yang jug mengemban status International Public Speaker di usia muda menjadi motivasi kalangan muda untuk bersaing secara positif meraih setiap peluang di usia saat ini.


"Patut kita apresiasi dan berterima kasih kepada Pak Syafii Efendy yang mau berbagi ilmu kepada kita. Jangan sia-siakan ilmu ini, karena pengalaman beliau yang sudah kesana kemari sebagai pemateri dan sudah sukses di usia mudanya itu hal yang sangat luar biasa bagi kita jadikan pembelajaran," imbuhnya.


Turut hadir, Ketua KNPI Tana Toraja, Daming Sampe Suso dan Ketua organisasi Cipayung Toraja, serta Ketua organisasi daerah (Organda). (Ricdwan)

Iklan

               
         
close