Iklan

Iklan

,

Iklan

A D V E R T I S E M E N T

Stok Darah Tana Toraja Menipis, PT Malea Sumbang Ratusan Kantong

Ricdwan Abbas
18 Agu 2023, 14:26 WITA Last Updated 2023-08-18T23:53:24Z
A D V E R T I S E M E N T
Victor Datuan Batara menyerahkan darah ke pihak RSUD Lakipadada.

Infokitasulsel.com, Tana Toraja - Kurangnya ketersediaan stok darah di Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan (Sulsel) menjadi perhatian Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Tator, Victor Datuan Batara.


Menindaklanjuti hal itu, Victor Datuan Batara yang juga Pimpinan PT Malea energy mengarahkan karyawan PT Malea ikut donor darah yang digelar PMI bekerjasama dengan PT Malea dan UTD RSUD Lakipadada, Jumat 18 Agustus 2023.


Ada 100 lebih karyawan PT Malea lolos pemeriksaan atau screening berpartisipasi mendonorkan darahnya.


"Ini bentuk kepedulian PT Malea kepada warga Toraja. Sebagaimana transfusi darah ini sangat dibutuhkan di rumah sakit. Semoga bermanfaat bagi pasien," kata pria yang akrab disapa VDB itu kepada Infokitasulsel.com, Jumat siang seusai membuka kegiatan.


Selain karyawan Malea, kegiatan sosial donor darah yang digelar dalam rangka memeriahkan hari kemerdekaan RI ke-78 juga diikuti masyarakat umum.


"Banyak yang tergerak ikut aksi kemanusiaan tadi. Selain karyawan Malea ada juga warga sekitar perusahaan ikut mendonorkan darahnya," ungkapnya.


Informasi dihimpun, ketersediaan stok di bank darah RSUD Lakipadada tidak mencukupi lantaran banyaknya pasien yang membutuhkan transfusi.


Sehingga, pihak keluarga pasien gawat darurat maupun rumah sakit kewalahan dan terkadang lintas kabupaten mencari golongan darah sesuai atau pendonor yang berkenan.


"Ini sangat penting karena pasien gawat darurat sangat membutuhkan darah sebagai salah satu pertolongan pertama di rumah sakit," kata VDB.

Iklan

               
         
close