-->

Iklan Semua Halaman

Mau bisnis anda makin dikenal? - Pasang iklan disini, murah tanpa ribet - Pesan Ojek dan Makanan di Toraja Pakai Aplikasi TORAJEK - Yuk Pasang iklan disini Sekarang Juga!

Iklan

Ribuan Warga Toraja Padati Penutupan Toraja Highland Festival

Ricdwan Abbas
Minggu, 10 Oktober 2021

Malam penutupan Toraja Highland Festival, warga tumpah ruah padati lokasi kegiatan
Infokitasulsel.com, Toraja Utara - Ribuan warga memadati Lapangan Bakti Rantepao menghadiri malam puncak promosi wisata Toraja Highland Festival (THF) yang digelar Masyarakat Sadar Wisata (Masata) Toraja Utara dan Geopark Toraja, Sabtu, 9 Oktober 2021.


Pantauan Infokitasulsel.com di lokasi kegiatan, meski panitia membatasi maksimal 200 orang namun masyarakat antusias ingin menyaksikan malam penutupan THF dan mengakibatkan pengunjung tak terbendung sehingga memadati lokasi pameran dan panitia kewalahan mengatur masyarakat yang hadir.

Stand pameran yang berjumlah sekitar 40an ini, semuanya dipadati oleh masyarakat. Setiap celah yang dapat dilalui pun menjadi jalan pintas masyarakat untuk masuk ke lokasi kegiatan menyaksikan pameran dan penampilan band yang tengah berlangsung.


Banyaknya warga yang mendatangi Lapangan Bakti membuat lalu lintas di jalan sekitar lapangan menjadi macet. Parkiran kendaraan pengunjung bahkan mencapai depan Mapolres Toraja Utara dan depan kantor DPRD Toraja Utara hingga ke Jalan Singki’ (samping Polres).


Ketua DPC Masata Toraja Utara, Damayanti Batti mengatakan THF dibuka pada 4 Oktober di Hotel Misliana Rantepao. Kegiatan pembukaan itu dirangkaikan dengan acara Bulan Inklusi Keuangan dari Otoritas Jasa Keuangan.

Selanjutnya, tanggal 5 Oktober 2021 dilaksanakan Seminar Nasional dengan Narasumber dari Bappenas, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, serta Kementerian Desa.


Juga, hadir narasumber dari Asosiasi Experiential Learning Indonesia yang bergerak di bidang outdoor training yang sekaligus akan memberikan TOT Outbound kepada Pokdarwis Lembang di Toraja Utara.


Ketua panitia Prana yang dikonfirmasi di stand Media Center mengatakan, tamu yang hadir di acara pembukaan promosi wisata dari anggota dewan komisioner OJK pusat bersama Pemprov. Sementara malam penutupan dihadiri pihak Bank Indonesia (BI) dan Bupati Toraja Utara.


"Yang hadir waktu pembukaan ada anggota dewan komisioner OJK yang dari pusat, kemudian yang lain dari provinsi, yang dari provinsi Sekda Provinsi mewakili Plt. Kalau malam penutupan ini ada BI (Bank Indonesia) dengan Bapak Bupati," ujarnya.


Adapun badan usaha yang bekerjasama dengan Masata di kegiatan THF ini, menurut Prana, ada  perBank-an dengan UMKM yang mendirikan stand pameran.


"Ada 40 stand di dalam dari perBank-an dengan UMKM," ungkapnya.


Disebut Prana, perBank-an dan UMKM didirikan dalam satu area dengan harapan bisa saling bersinergi.


"Supaya terjadi bisnis matching antara UMKM dengan perBank-an ini, sehingga UMKM yang belum mendapatkan pembinaan-pembinaan, belum mendapatkan akses-akses untuk keuangan bisa saling bersinergi dalam satu area pameran ini," pungkasnya.

Sumber Berita Terpercaya | Informasi Update Setiap Hari | Terbuka Peluang Usaha Bagi Anda Yang Ingin Menjadi Penulis Berita/Kontributor Daerah Silahkan Cek di Akhir Halaman