Iklan

Iklan

,

Iklan

Tak Tersentuh Bantuan Pemerintah, Warga Batualu Swadaya Perbaikan Poros Kabupaten

Redaksi
29 Sep 2022, 20:07 WITA Last Updated 2022-09-29T12:15:12Z
A D V E R T I S E M E N T
Ist
Infokitasulsel.com, Tana Toraja - Perbaikan jalan poros antar kabupaten yaitu tana toraja dan toraja utara dengan cara masyarakat Batualu dan Batualu Selatan melakukan swadaya dalam perbaikan jalan, Kamis 29 September 2022.

Jalan poros antar kabupaten tak pernah tersentuh bantuan pemerintah semenjak 23 tahun, hingga berita viral masyarakat menanamkan pohon pisang dan menebar ikan lele di sepanjang jalan poros tersebut yang tergenang air.

Hal itu di sampaikan langsung oleh kepala lembang batualu selatan Fredian Andijaya Londong Allo bahwa "Kami tidak mau lagi meminta bantuan belas kasihan dari pemerintah yang tidak pernah mau memperjuangkannya, untuk melakukan perbaikan jalan poros antar kabupaten ini, tetapi kami masyarakat batualu dan batualu selatan inisiatif melakukan swadaya untuk memperbaiki jalan poros ini.

"Semua anggaran yang kami gunakan murni dari swadaya masyarakat dan perantau batualu, sampai saat ini total timbunan kurang lebih 240 ret ataw 480 kubik, kami juga menggunakan alat berat berupa grede dan boma untuk memadatkan timbunan". Kata Fredian Andijaya.

Pekerjaan penimbunan di mulai dari wilayah Kelurahan, Lembang Batualu dan Lembang Batualu Selatan Sampai Perbatasan Lembang Simbuang mengkendek, Total Panjang Jalan kurang Lebih 4 KM (Kilo Meter).

Harapan kami "semoga pemerinta kabupaten bisa menyambut baik aksi masyarakatnya  dan perantau batualu, dan perlu saya sampaikan bahwa aksi peduli batualu ini ada di dasari oleh vidio viral jalan poros batualu yang di tanami pisang dan tebar beni lele, sehingga membuat hati para perantau terpanggil untuk membenahi jalan batualu". Ungkap Fredian Andijaya.

Lewat kesempatan ini saya mewakili masyarakat batualu selatan mengucapkan banyak terimah kasih dan sangat bangga kepada kerukunan keluarga batualu yang sudah berpartisipasi baik materi dan tenaga.

"Saya bangga menjadi orang batualu, kedepannya kami warga batualu tidak lagi akan diperdaya oleh namanya politik praktis, dan harapan saya selaku kepala lembang batualu selatan agar masyarakat selalu menjaga kebersihan dan kelancaran drainase jalan sehingga air tidak lagi mengalir di badan jalan, Salam Batualu Sikamali' " Tutup Fredian Andijaya dengan haru. (Niel)

Iklan

               
         
close