Iklan

Iklan

,

Iklan

A D V E R T I S E M E N T

Talkshow dan Rakerda DPD II KNPI Tana Toraja di Hadiri Tamu Undangan Istimewa

Redaksi
25 Sep 2022, 21:39 WITA Last Updated 2022-09-25T13:41:44Z
A D V E R T I S E M E N T

Talkshow dan Rakerda DPD II KNPI Tana Toraja di Hadiri Tamu-Tamu Undangan Yang Istimewa

Infokitasulsel.com, Tana Toraja - DPD II KNPI Tana Toraja melaksanakan Rakerda (Rapat Kerja Daerah),  Pada hari Sabtu (24/09/22) di aula Gedung Kemenag (Kementrian Agama)Tana Toraja yang berjalan dengan aman dan humanis.


Kegiatan tersebut, mengusung dengan tema ”Pemuda Berdaya, Bangkit, Tangguh dan Produktif Membangun Tana Toraja Lebih Maju” dan di buka oleh Drs. Anton Toding selaku Kadis Pemuda dan Olahraga


Dalam kegiatan tersebut Turut hadir tamu undangan yang merupakan tamu-tamu undangan yang istimewa bagi pemuda Tana Toraja Yaitu, Ketua DPRD Tana Toraja Wellem Sambolangi, yang sejak pelantikan KNPI serius mendukung pemuda, Usman Senong, S.Ag., M.H KakanKemenag Tana Toraja, Dr. Ester Ryan Mega selaku Pemerhati perempuan dan anak, Risal Randa Selaku Ketua Umum KPU Tana Toraja dan John Rende Mangontang Selaku Dewan Provinsi Komisi D Sul-Sel dan Korwil DPD I KNPI Sulsel Bung Richard.


Pada kesempatan tersebut Sumartoyo, S.Pd.,M.Si selaku ketua panitia rakerda mengisinya dengan orasi ilmiah yang di bawakan mengangkat judul "Pemuda Dalam Arus Perubahan, Menuju Megatrend Dunia 2030-2045.


Sumartoyo menjelaskan bahwa dari judul yang dibawakan, Berisi gambaran kompleks perubahan yang di alami oleh dunia akibat dari kecepatan perkembangan teknologi, emerging economic, demografi, dan situasi global yang tidak menentu.


Rakerda di desain berbeda dari rakerda KNPI yang pernah di buat di Tana Toraja. “Kali ini kita tidak main-main. Kegiatan orasi dan talkshow yang dikemas dengan substansi yang tajam meruapakan representasi dari program kerja komisi,” ucap Sumartoyo.


Talkshow berjalan cukup alot dengan pemaparan dari narasumber yang langsung mengupas substansi pemuda dalam berbagai aspek kehidupan. 


Restu Tangaka, S.Ag. Sebagai Ketua umum  DPD II KNPI Tana Toraja menerangkan bahwa Kegiatan tersebut akan terus di angkat karena ada banyak isu kepemudaan yang harus di cermati oleh pemerintah.


"Dan sebaliknya pemuda juga sudah cerdas untuk berkreasi, dan memahami bahwa mereka ingin membantu daerah dengan SDM yang tersedia, namun hingga kini KNPI Tana Toraja belum di kasih ruang menyatakan kompetensi yang mereka punya" Lanjut Restu.


Dalam Kesempatan tersebut Ketua DPRD Tana Toraja Welem Sambolangi, SE Mengungkapkan bahwa cita-cita memajukan Toraja bisa tercapai.


"Dengan jalannya Rakerda ini, semoga bisa mendukung kearifan bersama pemuda toraja di kepemerintahan tana toraja yang maju dan humanis, sehingga apa yang di cita-citakan untuk memajukan Toraja ini bisa berjalan lancar dan juga kami akan selalu bersinergi dan mendukung apapun yang akan di jalankan pemuda-pemudi toraja dalam kemajuan Tana Toraja kita cinta", ungkap Welem.


"Mari bersama-sama dan untuk semua yang hadir mari bergandengan tangan untuk memajukan Rakerda ini, dalam memajukan Tana Toraja", tambah Welem Sambolangi dengan harap.


Dikatakan Restu Tangaka, Rakerda yang berlangsung hingga jam 18.00 wita itu menghasilkan puluhan program strategis tiap komisi yang akan diimplementasikan sepanjang tahun 2023 – 2025.


Program prioritas di daulat untuk dieksekusi mulai akhir bulan September 2022 dengan alokasi pembiayaan untuk beberapa program di awal dilakukan secara swadaya. 


Menurut informasi, Pengurus KNPI sudah melayangkan proposal bantuan hibah. menurut Restu dana hibah tersebut jika cair akan langsung digunakan untuk membiayai berbagai program yang langsung bersentuhan dengan urgensi pemuda. 


Menjelang rakerda berakhir, Korwil DPD I KNPI Sulsel Bung Richard tidak henti-hentinya mengawal rakerda dan memberi masukan kepada pimpinan sidang dan peserta agar program yang dirancang memenuhi unsur kreatif, kekinian, dan mudah diakses secara mobilitas. (Niel)

Iklan

               
         
close